Lestari, Kurnia and Wulandari, Catur and Padi, Utomo (2022) KEMAMPUAN MENULIS TEKS RESENSI CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![KURNIA LESTARI (A1A018034) (1).pdf [thumbnail of KURNIA LESTARI (A1A018034) (1).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KURNIA LESTARI (A1A018034) (1).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
x
xi
Kurnia Lestari. 2022. Kemampuan Menulis Teks Resensi Cerpen Siswa Kelas
XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
Jurusan Pendidikan Bahasa dan seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Bengkulu. Pembimbing utama Dr. Catur Wulandari, M.Pd.,
pembimbing pendamping Drs. Padi Utomo, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks
resensi cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini semua siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu yang berjumlah
326 orang siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini menggunakan sample
random sampling yaitu sampel acak sebanyak 18% dari jumlah populasi sebanyak
60 orang siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis teks
resensi cerpen. Kemampuan menulis teks resensi cerpen ini dinilai dari empat aspek
yaitu, aspek struktur, aspek penggunaan kalimat, aspek penggunaan pilihan kata
atau diksi, serta aspek penggunaan ejaan. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu statistik sederhana dengan menghitung rata-rata. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa rata-rata kemampuan menulis teks resensi cerpen
siswa kelas XI SMA Negeri 4 Kota Bengkulu adalah 71,47 dengan kategori Baik.
Rata-rata kemampuan menulis teks resensi cerpen siswa berdasarkan aspek stuktur
adalah 23,11 dengan kategori cukup, rata-rata kemampuan menulis teks resensi
cerpen siswa berdasarkan aspek penggunaan kalimat adalah 16,40 dengan kategori
baik, rata-rata kemampuan menulis teks resensi cerpen siswa berdasarkan aspek
penggunaan pilihan kata atau diksi adalah 15,72 dengan kategori baik, rata-rata
kemampuan menulis teksresensi cerpen siswa berdasarkan aspek penggunaan ejaan
adalah 15,82 dengan kategori baik.
Kata kunci : Kemampuan, menulis, resensi, cerpen
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:24 |
Last Modified: | 10 Aug 2023 08:24 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14532 |