Putriani, Ayu and Noermanzah, Noermanzah and Didi, Yulistio (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
Skripsi Ayu Putriani A1A018059.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
ABSTRAK
Ayu, Putriani. 2022. Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks 
Eksplanasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Program 
Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. 
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu. 
Pembimbing Utama Dr. Noermanzah, M.Pd. dan Pembimbing Pendamping 
Dr. Didi Yulistio, M.Pd. 
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan menulis teks 
eksplanasi pada kelas XI SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Penelitian ini 
menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam 
penelitian ini adalah guru dan siswa, berdasarkan pelaksanaan pembelajaran 
menulis teks eksplanasi di kelas XI SMA Negeri 2 Rejang Lebong. Teknik 
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumen. 
Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. 
Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Hasil penelitian 
menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia materi menulis 
teks eksplanasi siswa kelas XI IPS sudah dilaksanakan dengan tiga tahapan: 
pertama, kegiatan pendahuluan, guru mengucapkan salam, menyapa siswa,
menyiapkan peserta didik secara fisik dan psikis, melakukan apersepsi dengan 
cara tanya jawab dan menyampaikan tujuan pembelajaran. Kedua, kegiatan inti 
pembelajaran, guru mengajak siswa memahami pengertian dan ciri-ciri teks 
eksplanasi, mengindentifikasi informasi pengetahuan dan deretan penjelas teks 
eksplanasi, menganalisis struktur dan kebahasaan, dan memproduksi teks 
eksplanasi. Ketiga, kegiatan penutup, guru menyimpulkan materi pembelajaran 
dengan melibatkan siswa sehingga guru mengetahui pemahaman siswa selama 
proses pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran yang dilakukan oleh guru 
berpedoman pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pelaksanaan 
pembelajaran direncanakan menggunakan model pembelajaran discovery learning
dan project based learning, akan tetapi dalam proses pembelajaran, penerapan 
model pembelajaran tersebut pelaksanaaanya belum maksimal. Penilaian yang 
dilakukan guru baru sekadar penilaian psikomotor, sedangkan penilaian sikap dan 
kognitif tidak dilakukan.
Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Menulis, Teks Eksplanasi
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 10 Aug 2023 08:21 | 
| Last Modified: | 10 Aug 2023 08:21 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14542 | 

