Amelia, Ike and Trianto, Agus and Padi, Utomo (2022) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM PERSPEKTIF PENGUATAN LITERASI DI SMK NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI IKE AMELIA A1A018071.pdf [thumbnail of SKRIPSI IKE AMELIA A1A018071.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI IKE AMELIA A1A018071.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Ike Amelia. 2022. Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMK
Negeri 2 Kota Bengkulu. Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia.
Jurusan Bahasa dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Bengkulu. Pembimbing utama Dr. Agus Trianto, M.Pd.,
pembimbing pendamping Dr. Padi Utomo, M.Pd.
Penelitian ini dilakukan berkenaan dengan adanya fenomena rendahnya
kemampuan literasi pada siswa. Fokus penelitian ini tentang problematika literasi
dalam pembelajaran bahasa indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui problematika pembelajaran bahasa Indonesia dalam perspektif
penguatan literasi yang dirasakan oleh guru dan siswa di SMK Negeri 2 Kota
Bengkulu dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini
di SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Informan penelitian yaitu guru bahasa
Indonesia dan siswa di kelas XII TKR (Teknik Kendaraan Ringan). Teknik
pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik rekaman video, dan
wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa guru telah menerapkan kegiatan literasi tingkat rendah
dalam pembelajaran bahasa indonesia. Hal ini dikarenakan konsep dasar literasi
yaitu kemampuan berbahasa dan berpikir. Sedangkan, dalam proses pembelajaran
peneliti menemukan minimnya kemampuan berbahasa dan rendahnya kemampuan
berpikir. Selain itu, terdapat beberapa faktor yang dapat menimbulkan
problematika pembelajaran bahasa Indonesia dalam perspketif penguatan literasi
yang meliputi: penggunaan media pembelajaran yang kurang menarik, pemilihan
metode pembelajaran yang tidak bervariasi, sumber belajar yang tidak menunjang
kegiatan literasi, dan pemahaman guru mengenai literasi dalam pembelajaran.
Kata kunci:Problematika, Program Literasi, Pembelajaran Bahasa Indonesia.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 01:28 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 01:28 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14549 |