Istikomah, Hayun and Rahayu, Ngudining and Suryadi, Suryadi (2022) ANALISIS CAMPUR KODE PENGGUNAAN BAHASA DALAM PEMBELAJARAN DI PONDOK PESANTREN MODERN DARUSSALAM KEPAHIANG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_HAYUN ISTIKOMAH_A1A018026.pdf [thumbnail of SKRIPSI_HAYUN ISTIKOMAH_A1A018026.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI_HAYUN ISTIKOMAH_A1A018026.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
ABSTRAK
Hayun Istikomah, 2022. Analisis Campur Kode Penggunaan Bahasa dalam
Pembelajaran di Pondok Pesantren Modern Darussalam Kepahiang.
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurusan Pendidikan Bahasa
dan Seni. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Bengkulu.
Pembimbing Utama Dra. Ngudining Rahayu, M.Hum. Pembimbing
Pendamping Dr. Suryadi, M.Hum.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk campur kode dan faktor
penyebab terjadinya campur kode dalam pembelajaran di kelas X MA PPMD
Kepahiang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Sumber data pada
penelitian ini yaitu tuturan guru dan siswa. Data pada penelitian ini yaitu tuturan
guru dan siswa yang mengandung campur kode dalam pembelajaran di kelas X
MA PPMD Kepahiang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan teknik rekam, simak, dan wawancara. Langkah-langkah analisis
data dalam penelitian ini (1) transkripsi data (2) identifikasi data (3) klasifikasi
data (4) interpretasi data (5) penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa terdapat campur kode dan faktor penyebabnya pada penggunaan
bahasa dalam pembelajaran yang berbentuk kata 10, frasa 3, klausa 2,
pengulangan kata 2, baster 1. Bentuk tersebut terdiri atas beberapa kelas kata yaitu
nomina, verba, non verba, adjektiva, pronomina, numeralia, adverbia,
interogativa, preposisi, konjungsi, fatis, pengulangan seluruh dan perubahan
fonem. Adapun faktor yang mempengaruhinya yaitu (1) faktor penutur (2) faktor
kebahasaan terdapat 4 faktor yang mempengaruhinya yaitu keterbatasan
penggunaan kode, penggunaan istilah yang lebih populer, pembicara dan pribadi
pembicara, membangkitkan rasa humor. Faktor paling dominan ditemukan
mempengaruhi campur kode yaitu faktor pembicara dan pribadi pembicara.
Kata kunci : Campur Kode, Pembelajaran, Pondok Pesantren
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Aug 2023 06:29 |
Last Modified: | 11 Aug 2023 06:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14567 |