Prastikia, Ega and Andik, Purwanto (2020) PENGARUH PENDEKATAN INTERACTIVE CONCEPTUAL INSTRUCTION (ICI) BERBANTUAN SIMULASI PHET TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 9 KOTA BENGKULU (Quasi Experiment Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI EGA PRASTIKA BENAR-1-1.pdf [thumbnail of SKRIPSI EGA PRASTIKA BENAR-1-1.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI EGA PRASTIKA BENAR-1-1.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pendekatan pendekatan 
(ICI) berbantuan simulasi phet terhadap hasil belajar, dan menentukan besar 
pengaruh pendekatan pendekatan (ICI) berbantuan simulasi Phet terhadap hasil 
belajar. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa-siswi kelas X MIPA di SMAN 09 
Kota Bengkulu. Materi pelajaran yang dibahas adalah hukum newton gravitasi. 
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan 
desain penelitian nonequivalent control group design. Pengajaran dengan 
pendekatan ICI berbantuan simulasi Phet digunakan sebagai kelas eksperimen dan 
pengajaran dengan cara tanpa pendekatan ICI berbantuan simulasi Phet sebagai
kelas kontrol. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah soal tes untuk 
hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa diukur menggunakan uji-t untuk 
mendeskripsikan hasil pretest dan post test pada kelas eksperimen dan kelas 
kontrol. Untuk mencari besar pengaruh pendekatan ICI berbantuan simulasi phet
digunakan effect size. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari perbandingan nilai 
sig.(2-Tailed) dengan uji independent T test antara pretest kelas kontrol dan 
eksperimen sebesar 0.490 artinya tidak terdapat perbedaan dan post test kelas 
control dan eksperimen sebesar 0,001 terdapat perbedaan atau ICI berpengaruh 
terhadap hasil belajar, dengan besar pengaruh yaitu 0,78 atau ICI berbantuan 
simulasi phet memberikan pengaruh sebesar 43% pada satu kali pertemuan. Dapat 
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Interactive conceptuan ictruction (ICI) 
berbantuan simulasi phet terhadap hasil belajar siswa sebesar 43%.
Kata Kunci: Interactive Conceptual Instruction (ICI), Simulasi Phet, Hasil Belajar 
Siswa
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 23 Aug 2023 07:48 | 
| Last Modified: | 23 Aug 2023 07:48 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14586 | 

