Fitria, Jeni and Eko, Risdianto (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN HUKUM TERMODINAMIKA DENGAN PENDEKATAN BLENDED LEARNING FLIP CLASSROOM MENGGUNAKAN 3D PAGEFLIP PROFESSIONAL DAN QR CODE (Research and Development). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI JENI FITRIA.pdf [thumbnail of SKRIPSI JENI FITRIA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI JENI FITRIA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
hanya memuat satu materi pembelajaran. Kemandirian siswa lebih
diutamakan dalam pemanfaatan modul. Penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (R&D) yang bertujuan untuk menghasilkan modul menggunakan
3D PageFlip Professional dan QR Code pada materi Hukum Termodinamika.
Model pengembangan yang digunakan yaitu model 3 D dengan langkah- langkah
Define, Design, dan Develop. Validasi dilakukan oleh 2 judgement ahli untuk
menilai produk yang dikembangkan dari aspek isi, penyajian, bahasa dan media.
Berdasarkan hasil uji validitas aspek isi didapatkan hasil persentase sebesar 75%
dengan kategori baik, aspek penyajian sebesar 75% dengan kategori baik, aspek
bahasa sebesar 79,68% dengan kategori sangat baik dan aspek media sebesar
81,25% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat
disimpulkan bahwa modul pembelajaran menggunakan 3D PageFlip Professional
dan QR Code yang dihasilkan sudah valid dengan persentase rata-rata sebesar
77,73% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Kemudian hasil persepsi guru
mengenai kemampuan modul dalam melatih keterampilan berpikir kritis siwa
didapatkan hasil persentase sebesar 77,87% dengan kategori sangat setuju bahwa
modul yang dikembangkan sudah mampu melatih keterampilan berpikir kritis
siswa.
Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Modul Pembelajaran, 3D PageFlip
Professional, QR Code, Blended Learning Flip Classroom
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 23 Aug 2023 07:49 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 07:49 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14593 |