PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU (Quasy Eksperiment Research)

Rahmayanti, Jeni and Conie (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI ALAT OPTIK DI SMA NEGERI 3 KOTA BENGKULU (Quasy Eksperiment Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI JENI RAHMAYANTI .pdf] Text
SKRIPSI JENI RAHMAYANTI .pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan apakah ada pengaruh yang signifikan
siswa yang diajar dengan model Team Assisted Individualization terhadap
pemahaman konsep dan keterampilan generik sains pada mata pelajaran fisika.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasi Experiment dengan desain
penelitian non-equivalent pretest-postest control group. Teknik pengambilan
sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik simple random
sampling. Data dikumpulkan melalui tes pemahaman konsep dan keterampilan
generik sains berbentuk essay. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan
selisih peningkatan nilai rata-rata pemahaman konsep kelas eksperimen 52,69 dan
kelas kontrol 22,75. Kemudian untuk Keterampilan generik sains pada kelas
eksperimen diperoleh selisih, sebesar 48,29 dan kelas kontrol sebesar 13,67. Uji
hipotesis menggunakan uji Mann Whitney (U test) melalui program SPSS versi 21
dimana nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka berdasarkan pada kriteria
, maka Ho ditolak atau Ha diterima. Dapat disimpulkan
bahwa pemahaman konsep dan keterampilan generik sains kelas eksperimen lebih
tinggi dari pada kelas kontrol. Jadi, terdapat pengaruh yang signifikan
pembelajaran dengan model Team Assisted Individualization terhadap
pemahaman konsep dan keterampilan generik sains siswa SMA Negeri 3 Kota
Bengkulu.
Kata kunci: Team Assisted Individualization, Pemahaman Konsep, Keterampilan
Generik Sains

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 23 Aug 2023 07:49
Last Modified: 23 Aug 2023 07:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14595

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200