PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DI KELAS X SMAN 4 KAUR ( Quasi Eksperimen)

Angellena, Mega and Eko, Swistoro (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN DENGAN MODEL PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DI KELAS X SMAN 4 KAUR ( Quasi Eksperimen). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI MEGA ANGELENA FIKS TERAKHIR BISMILAH.pdf] Text
SKRIPSI MEGA ANGELENA FIKS TERAKHIR BISMILAH.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran dengan model
Problem Solving Fisika (PSF) terhadap prestasi belajar dan kemampuan berpikir
kritis pada siswa kelas X MIA di SMAN 4 Kaur. Penelitian ini menggunakan
disain nonequivalent control group design untuk meneliti pengaruh model PSF
terhadap prestasi belajar dan one group pretest posttest design untuk meneliti
pengaruh model PSF terhadap kemampuan berpikir kritis. Sampel penelitian
diambil menggunakan teknik purpossive sampling sehingga diperoleh kelas X
MIA 1 berjumlah 31 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2
berjumlah 31 orang sebagai kelas kontrol. Data penelitian dikumpulkan dengan
menggunakan tes prestasi belajar dan tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan
analisis data menggunakan uji-T dua sampel independen menunjukkan bahwa 1)
tidak terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model PSF terhadap
prestasi belajar dengan nilai thitung < ttabel yaitu (1,23< 2,00), dengan effect size
sebesar 0,32 yang berada dalam kategori rendah. 2) terdapat pengaruh yang
signifikan pembelajaran dengan model PSF terhadap kemampuan berpikir kritis
diketahui dengan adanya selisih antara skor rata-rata posttest dengan skor rata-rata
pretest (O2 – O1) sebesar 36,78, dengan effect size sebesar 3,21, yang berada
dalam kategori kuat. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat
pengaruh yang signifikan pembelajaran menggunakan model problem solving
fisika terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMAN 4 Kaur dan terdapat pengarus
yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 4 Kaur.
Kata Kunci: Model Problem Solving Fisika, prestasi belajar, Kemampuan
Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 02:05
Last Modified: 24 Aug 2023 02:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14597

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200