Nasution, Menni Yurita and Eko, Swistoro (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMAN 1 KOTA BENGKULU (Quasi Experiment Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Menni Yurita Nasution (A1E016001) Fiks.pdf [thumbnail of Skripsi Menni Yurita Nasution (A1E016001) Fiks.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi Menni Yurita Nasution (A1E016001) Fiks.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran menggunakan
model pembelajaran Problem Solving Fisika (PSF) terhadap pemahaman
konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi
di SMAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan disain nonequivalent
control group design untuk meneliti pengaruh model pembelajaran PSF
terhadap pemahaman konsep dan one group pretest posstest design untuk
meneliti pengaruh model pembelajaran PSF terhadap Kemampuan Berpikir
Kritis. Sampel penelitian menggunakan teknik Sampling purpossive dengan
menetapkan kelas XI IPA 1 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan
kelas XI IPA 4 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian
dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman konsep (TPK) dan tes
kemampuan berpikir kritis (TKBK). Analisis data menggunakan uji T dua
sampel independen menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan
dengan model pembelajaran PSF terhadap pemahaman konsep dengan nilai
thitung>ttabel yaitu (4.58>1.81), dengan besar pengaruh sebesar 1.12 artinya
model pembelajaran Problem Solving Fisika memberikan pengaruh sebesar
70,9 % terhadap pemahaman konsep siswa, yang berada dalam kategori
sedang. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model PSF
terhadap kemampuan berpikir kritis diketahui dengan adanya selisih antara
skor rata-rata Posttest dengan skor rata-rata Pretest (O2-O1) sebesar 12.94,
dengan besar pengaruh sebesar 2.08, artinya model pembelajaran Problem
Solving Fisika memberikan pengaruh sebesar 84.1% berada pada kategori
Tinggi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang
signifikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Solving
Fisika terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving Fisika, Pemahaman Konsep,
Kemampuan Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 02:05 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 02:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14599 |