Nasution, Menni Yurita and Eko, Swistoro (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING FISIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI SMAN 1 KOTA BENGKULU (Quasi Experiment Research). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi Menni Yurita Nasution (A1E016001) Fiks.pdf [thumbnail of Skripsi Menni Yurita Nasution (A1E016001) Fiks.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
Skripsi Menni Yurita Nasution (A1E016001) Fiks.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pembelajaran menggunakan 
model pembelajaran Problem Solving Fisika (PSF) terhadap pemahaman 
konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi gelombang dan bunyi 
di SMAN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan disain nonequivalent 
control group design untuk meneliti pengaruh model pembelajaran PSF 
terhadap pemahaman konsep dan one group pretest posstest design untuk 
meneliti pengaruh model pembelajaran PSF terhadap Kemampuan Berpikir 
Kritis. Sampel penelitian menggunakan teknik Sampling purpossive dengan 
menetapkan kelas XI IPA 1 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan 
kelas XI IPA 4 berjumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Data penelitian 
dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman konsep (TPK) dan tes 
kemampuan berpikir kritis (TKBK). Analisis data menggunakan uji T dua 
sampel independen menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan 
dengan model pembelajaran PSF terhadap pemahaman konsep dengan nilai 
thitung>ttabel yaitu (4.58>1.81), dengan besar pengaruh sebesar 1.12 artinya 
model pembelajaran Problem Solving Fisika memberikan pengaruh sebesar 
70,9 % terhadap pemahaman konsep siswa, yang berada dalam kategori 
sedang. 2) terdapat pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model PSF 
terhadap kemampuan berpikir kritis diketahui dengan adanya selisih antara 
skor rata-rata Posttest dengan skor rata-rata Pretest (O2-O1) sebesar 12.94, 
dengan besar pengaruh sebesar 2.08, artinya model pembelajaran Problem 
Solving Fisika memberikan pengaruh sebesar 84.1% berada pada kategori 
Tinggi. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang 
signifikan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Solving 
Fisika terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Problem Solving Fisika, Pemahaman Konsep, 
Kemampuan Berpikir Kritis.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 24 Aug 2023 02:05 | 
| Last Modified: | 24 Aug 2023 02:05 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14599 | 

