Carlina, Nova and Desy, Hanisa Putri (2020) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERBASIS PEMECAHAN MASALAH (Problem Solving) PADA KONSEP TEGANGAN PERMUKAAN DAN VISKOSITAS (Research and Development). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI NOVA CARLINA.pdf [thumbnail of SKRIPSI NOVA CARLINA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI NOVA CARLINA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil kelayakan dan menghasilkan karakteristik
modul pembelajaram fisika berbasis pemecahan masalah. Metode penelitian R&D dengan model
3D yang terdiri dari tiga tahap yaitu pendefinisian (observasi, studi literatur, analisis kebutuhan,
dan analisis bahan ajar), perancangan (validasi desain dan revisi desain ) dan pengembangan
(validasi modul dan revisi modul) oleh Thiagrajan (1974). Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu lembar observasi, lembar angket guru dan siswa, lembar penilaian ahli. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa modul fisika berbasis pemecahan masalah yang dikembangkan
termasuk dalam kategori cukup valid dengan aspek isi 71%, aspek penyajian sebesar 75%, aspek
bahasa sebesar 75% dan aspek pemecahan masalah sebesar 71% serta kegrafikan sebesar 75%
memiliki kriteria cukup valid.
Kata Kunci: modul pembelajaran, pemecahan masalah, tegangan p
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 02:05 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 02:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14602 |