Sari, Okta Briyanti Mila and Eko, Risdianto (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN BERBANTUAN QR CODE UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES DASAR PADA KONSEP FLUIDA STATIS (Research and Development). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI.pdf [thumbnail of SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (12MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan kelayakan LKPD berbasis POE berbantuan QR code
dan untuk mendeskripsikan LKPD berbasis POE berbantuan QR code yang telah dikembangkan
untuk melatihkan keterampilan proses dasar pada konsep fluida statis. Jenis penelitian ini adalah
penelitian research and development (R & D) dengan menggunakan metode penelitian
3D (define, design, develop). Peneliti membatasi penelitian ini sampai tahap develop yaitu
revisi produk oleh validasi ahli. Pada LKPD tahap predict akan ditampilkan pada awal
LKPD sebagai hipotesis awal sebelum melakukan percobaan. Tahap observe dilakukan
percobaan untuk membuktikan hipotesis. Sedangkan pada tahap explain disajikan
beberapa pertanyaan untuk membandingkan predict dan observe. Pada LKPD, QR code
ditampilkan pada penjelasan alat dan bahan percobaan serta langkah percobaan. Hal ini
supaya peserta didik lebih memahami kegiatan percobaan yang akan dilakukan.
Berdasarkan hasil penelitian oleh validasi ahli didapatkan nilai kevalidan 3,23 dalam
kategori valid sehinggaL KPD berbasis POE berbantuan QR code layak digunakan di
sekolah.
Kata kunci: LKPD, POE, QR code, keterampilan proses dasar, fluida statis
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 02:05 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 02:05 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14603 |