Youllanda, Wahyu and Rosane, Medriati (2020) HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA KELAS X MIPA SMA N 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI WAHYU YOULLANDA.pdf [thumbnail of SKRIPSI WAHYU YOULLANDA.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI WAHYU YOULLANDA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui
hubungan antara kemampuan berpikir kritis dengan hasil belajar siswa melalui
model pembelajaran inkuiri di SMA Negeri 4 Kota Bengkulu tahun pelajaran
2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen
dengan populasi seluruh kelas X MIPA SMA N 4 Kota Bengkulu,sebanyak 5
kelas.Sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sebanyak
1 kelas,yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelas yang diberi perlakuan menggunakan
model inkuiri terbimbing. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
memberikan pretest-postest sebanyak 3 butir soal berbentuk uraian setiap
pertemuan untuk mengukur kemampuan berpikir kritis,dan 4 butir soal berbentuk
uraian untuk mengukur hasil belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan
adalah regresi korelasi dengan α 0,05. Hasil penelitian,analisis data dan pengujian
hipotesis menunjukkan bahwa ada korelasi positif antara kemampuan berpikir
kritis dengan hasil belajar mahasiswa melalui model inkuiri terbimbing pada kelas
X MIPA SMA N 4 Kota Bengkulu yaitu 0,607 yang berada pada kategori tinggi
dan besarnya hubungan yang diperoleh yaitu 36,89%.
Kata Kunci: inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis, hasil belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 06:36 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 06:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14619 |