Sari, Aprilia Erina and Hermansyah, Amir (2020) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKIRPSI APRILIA ERINA SARI.pdf [thumbnail of SKIRPSI APRILIA ERINA SARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKIRPSI APRILIA ERINA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa 
terhadap penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan STEM (Science, 
Technology, Enginering and Mtathematic) pada materi larutan asam dan 
basa. Penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model 
pengembangan menurut Sugiyono. Data penilaian ini diperoleh dari hasil 
wawancara, angket validasi materi dan media, angket keterbacaan dan 
respon siswa pada uji pemakaian produk. Hasil validasi ahli materi dan 
media didapatkan bahwa penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan 
STEM yang dikembangkan diperoleh skor rata- rata 3.66 sedangkan 
validasi media diproleh nilai rata-rata 4.1 yang berada pada rentang nilai 
3,4 
V
< 4,2 termasuk dalam klasifikasi valid. Pada uji keterbacaan 
produk diproleh skor rata-rata 4.3 yang termasuk dalam klasifikasi sangat 
menarik. Uji pemakaian produk untuk mengetahui respon siswa terhadap 
penuntun praktikum praktikum kimia berbasis pendekatan STEM yang 
dikembangkan diproleh rata-rata sebesar 3.8 yang termasuk dalam 
klasifikasi menarik. 
Kata kunci : Penelitian dan Pengembangan, Penuntun Praktikum Kimia, 
Berbasis Pendekatan STEM larutan asam dan basa.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 24 Aug 2023 06:37 | 
| Last Modified: | 24 Aug 2023 06:37 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14632 | 

