Sari, Aprilia Erina and Hermansyah, Amir (2020) PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM BERBASIS PENDEKATAN STEM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS) PADA MATERI LARUTAN ASAM DAN BASA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKIRPSI APRILIA ERINA SARI.pdf [thumbnail of SKIRPSI APRILIA ERINA SARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKIRPSI APRILIA ERINA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (14MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa
terhadap penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan STEM (Science,
Technology, Enginering and Mtathematic) pada materi larutan asam dan
basa. Penelitian dan pengembangan ini diadaptasi dari model
pengembangan menurut Sugiyono. Data penilaian ini diperoleh dari hasil
wawancara, angket validasi materi dan media, angket keterbacaan dan
respon siswa pada uji pemakaian produk. Hasil validasi ahli materi dan
media didapatkan bahwa penuntun praktikum kimia berbasis pendekatan
STEM yang dikembangkan diperoleh skor rata- rata 3.66 sedangkan
validasi media diproleh nilai rata-rata 4.1 yang berada pada rentang nilai
3,4
V
< 4,2 termasuk dalam klasifikasi valid. Pada uji keterbacaan
produk diproleh skor rata-rata 4.3 yang termasuk dalam klasifikasi sangat
menarik. Uji pemakaian produk untuk mengetahui respon siswa terhadap
penuntun praktikum praktikum kimia berbasis pendekatan STEM yang
dikembangkan diproleh rata-rata sebesar 3.8 yang termasuk dalam
klasifikasi menarik.
Kata kunci : Penelitian dan Pengembangan, Penuntun Praktikum Kimia,
Berbasis Pendekatan STEM larutan asam dan basa.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 06:37 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 06:37 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14632 |