Yulianarti, Rada and Dewi, Handayani (2020) IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KESETIMBANGAN KIMIA. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI RADA YULIANARTI_A1F016004.pdf [thumbnail of SKRIPSI RADA YULIANARTI_A1F016004.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RADA YULIANARTI_A1F016004.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa
menggunakan three-tier multiple choice diagnostic instrument dan untuk
mengetahui faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa dalam
memahami materi kesetimbangan kimia. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini
adalah seluruh siswa Kelas XI MIPA SMAN 4 Kota Bengkulu dengan
jumlah sampel penelitian sebanyak 79 siswa. Instrumen yang digunakan
adalah instrumen tes diagnostik three-tier multiple choice dengan 17 butir
soal yang valid dari 25 soal yang diuji cobakan. Hasil penelitian
menunjukkan tingkat kesulitan belajar siswa pada materi kesetimbangan
kimia tergolong dalam kategori sedang dengan persentase kesulitan
secara keseluruhan sebesar 62,8%. Kesulitan belajar tertinggi terletak
pada indikator menghitung derajat disosiasi dengan persentase 75,9%
dan kesulitan belajar terendah terdapat pada indikator menjelaskan
definisi reaksi reversible dan irreversible dengan persentase 33,33% .
Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi
kesetimbangan kimia diantaranya meliputi: tidak memahami materi
prasyarat, cara belajar siswa dan metode mengajar guru.
Kata Kunci: three-tier multiple choice, kesulitan belajar, kesetimbangan
kimia
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Chemistry Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 06:38 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 06:38 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14668 |