PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas

Fashali, Agju Jihan Indri and Effie, Efrida Muchlis (2020) PENERAPAN MODEL INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 14 KOTA BENGKULU Penelitian Tindakan Kelas. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1C016034_AGJU JIHAN INDRI FASHALI_SKRIPSI.pdf] Text
A1C016034_AGJU JIHAN INDRI FASHALI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas
matematika peserta didik dengan menerapkan model Inquiry Learning di SMP
Negeri 14 Kota Bengkulu pada pokok bahasan segiempat dan segitiga. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik
pengumpulan data melalui lembar observasi aktivitas dan tes hasil belajar peserta
didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.1 SMP Negeri 14 Kota
Bengkulu Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020 berjumlah 32 peserta didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Inquiry
Learning dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik.
Peningkatan hasil belajar matematika peserta didik dapat dilihat dari ketuntasan
belajar klasikal siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 9,4%; dan
43,75%. Peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilakukan dengan cara :
menyampaikan tujuan pembelajaran, memberikan permasalahan yang berkaitan
dengan konsep, memberikan soal latihan, dan memberikan bimbingan kepada
peserta didik yang kesulitan dengan membahas soal latihan. Peningkatan aktivitas
belajar peserta didik dapat dilihat dari nilai hasil observasi aktivitas belajar
matematika peserta didik siklus I dan siklus II secara berturut-turut adalah 28,75 (
kriteria cukup) dan 37,1 ( kriteria aktif). Peningkatan aktivitas peserta didik dapat
dilakukan dengan cara : memberikan LKPD yang sesuai dengan langkah-langkah
Inquiry Learning, menggunakan alat peraga atau media pembelajaran, melibatkan
peserta didik secara aktif dalam pembelajaran.
Kata Kunci : Aktivitas, Hasil Belajar, Inquiry Learning

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:05
Last Modified: 24 Aug 2023 07:05
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14689

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200