Chandra, Andralin Aderevi Agus and Rusdi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 7 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016014_ANDRALIN ADEREVI AGUS CHANDRA_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C016014_ANDRALIN ADEREVI AGUS CHANDRA_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C016014_ANDRALIN ADEREVI AGUS CHANDRA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil
belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation pada materi bangun ruang sisi datar di
SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas peserta
didik dan tes hasil belajar peserta didik dengan analisis deskriptif. Subjek
penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII E tahun ajaran 2019/2020
yang berjumlah 31 orang. Peningkatan aktivitas peserta didik siklus I sampai
siklus II secara berturut-turut: 29,5 (kriteria cukup);35 (kriteria cukup).
Peningkatan hasil belajar dapat dilakukan dengan cara : memberikan soal
latihan, meminta peserta didik bertanya tentang kesulitan yang mereka hadapi,
dan memberikan perhatian khusus. Peningkatan tersebut dilihat dari nilai
rata-rata latihan dan tes hasil belajar peserta didik siklus I sampai siklus II
yaitu 60,06 dan 67,09 Persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus I
sampai siklus II yaitu 41,93% dan 70,09%. Peningkatan aktivitas belajar dapat
dilakukan dengan cara : membuat lembar kerja peserta didik yang bersesuaian
dengan langkah- langkah model pembelajaran Group Investigation,
menggunakan alat-alat ataupun media-media bantu dalam pembelajaran,
membentuk kelompok heterogen, melibatkan peserta didik secara aktif, dan
memberi hukuman.
Kata kunci: Aktivitas Belajar; Hasil Belajar; Group Investigation.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:10 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 07:10 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14696 |