Gustina, Lara and Rusdi, Rusdi (2020) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VII D SMPN 9 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016019_LARA GUSTINA_SKRIPSI-PDF.pdf [thumbnail of A1C016019_LARA GUSTINA_SKRIPSI-PDF.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
A1C016019_LARA GUSTINA_SKRIPSI-PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara untuk meningkatakan 
hasil belajar matematika peserta didik kelas VII D SMPN 9 Kota Bengkulu 
dengan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual. Jenis penelitian tang 
dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan teknik pengumpulan 
data melalui lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Subjek dalam 
penelitian ini adalah peserta didik kelas VII D SMPN 9 Kota Bengkulu yang 
beranggotakan 20 peserta didik, yang terdiri dari 13 laki-laki dan 7 perempuan. 
Penelitian ini dilaksanakan selama 1 siklus mulai dari tanggal 13 Februari 2020 
sampai dengan 5 Maret 2020. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan 
pendekatan kontekstual yang dikemas dalam bentuk LKPD yang memuat 6 
komponen pendekatan kontekstual yaitu, kontruktivisme, pemodelan, bertanya, 
menemukan, masyarakat belajar dan refleksi dengan pembelajaran berkelompok 
dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan rekapitulasi hasil 
lembar observasi, aktivitas belajar peserta didik tidak ada peningkatan sehingga 
dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual tidak 
dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas VII D SMPN 9 Kota 
Bengkulu. Rata-rata hasil belajar peserta didik pada pra siklus adalah 29,3 dan 
meningkat pada hasil tes siklus 1 menjadi 53,45. Aktivitas belajar peserta didik 
disetiap pertemuan pada siklus 1 dikategorikan cukup aktif.
Kata Kunci : Aktivitas belajar, Hasil Belajar, Pendekatan Pembelajaran 
Kontekstual dan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:26 | 
| Last Modified: | 25 Aug 2023 07:26 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14722 | 

