Ramadhanti, Riza and Rusdi, Rusdi (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIKKELAS VII SMPN 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016003_RIZA RAMADHANTI_PENDIDIKAN MATEMATIKA_SKRIPSI-PTK.pdf [thumbnail of A1C016003_RIZA RAMADHANTI_PENDIDIKAN MATEMATIKA_SKRIPSI-PTK.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C016003_RIZA RAMADHANTI_PENDIDIKAN MATEMATIKA_SKRIPSI-PTK.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research). Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran
kooperatif tipe Group Investigation di SMPN 1 Kota Bengkulu pada pokok
bahasan perbandingan dan aritmatika sosial. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2
siklus dengan subjek penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VII.5 tahun
pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 37 orang. Instrumen yang digunakan adalah
lembar observasi aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik dengan
analisis deskriptif. Penelitian ini dikatakan berhasil jika rata- rata aktivitas peserta
didik telah mencapai kriteria aktif dan rata-rata hasil belajar telah mencapai
kriteria ketuntasan minimal yaitu ≥ 75 dengan ketuntasan belajar klasikal ≥ 85%.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh peningkatan aktivitas
peserta didik dari siklus I yaitu 32,75 (cukup aktif) ke siklus II yaitu 45 (aktif).
Untuk hasil belajar peserta didik pada siklus I diperoleh rata-rata 64,57 dengan
ketuntasan belajar klasikal yang diperoleh 59,46%, sedangkan pada siklus II
diperoleh rata-rata 72,05 dengan ketuntasan belajar klasikal 70,27%.
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Group Investigation, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:27 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 07:27 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14727 |