Depitasari, Rizky and Effie, Efrida (2020) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI_A1C016055_RIZKY DEPITASARI.pdf [thumbnail of SKRIPSI_A1C016055_RIZKY DEPITASARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI_A1C016055_RIZKY DEPITASARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (22MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik dengan 
model pembelajaran inkuiri pada materi bangun ruang sisi datar yang memenuhi 
kriteria valid, praktis, dan efektif. LKPD yang dihasilkan memuat indikator 
pemahaman konsep. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research 
and Development) dengan prosedur 4-D Thiagarajan yaitu tahap pndefinisian 
(Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop), dan tahap 
penyebaran (Deseminate) yang terdiri dari uji validitas, uji kepraktisan, dan uji 
efektivitas. Validasi LKPD dilakukan oleh empat orang validator. Kepraktisan 
LKPD diuji pada tiga puluh dua orang peserta didik kelas VIII.8 SMP Negeri 4 
Kota Bengkulu semester genap tahun ajaran 2019/2020. Efektivitas LKPD di uji 
pada tiga puluh tiga peserta didik kelas VIII.7 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu 
semester ganjil tahun ajaran 2019/2020. Instrumen penelitian terdiri dari lembar 
validitas LKPD, lembar kepraktisan LKPD, dan lembar efektivitas LKPD. Hasil 
penelitian menunjukkan bahwa Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik 
(LKPD) dengan Model Pembelajaran Inkuiri Pada Materi Bangun Ruang Sisi 
Datar termasuk dalam kategori: a) sangat valid berdasarkan aspek materi, 
konstruksi, dan bahasa dengan skor rata-rata 4,34, b) sangat praktis dengan skor 
rata-rata 4,52, c) sangat efektif dengan skor rata-rata 90,77 berdasarkan: 1) 
aktivitas peserta didik dengan skor rata-rata 90,35 dalam kategori sangat baik, 2) 
respon peserta didik dengan skor rata-rata 95,24 dalam kategori baik, 3) hasil 
belajar peserta didik dengan skor rata-rata 87,75 dalam kategori sangat baikdan 
mencapai ketuntasa klasikal 90,9%.
Kata Kunci: Model peembelajaran inkuiri, Pemahaman Konsep, Lembar Kerja 
Peserta Didik, Penelitian Pengembangan
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:27 | 
| Last Modified: | 25 Aug 2023 07:27 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14728 | 

