Putri, Usbemi dwi and M., Ilham Abdullah (2020) KEBERHASILAN PENGUSAHA BISNIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN (Studi Kasus Pada Usaha Toko Sinar Karya Computer Kota Manna). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![KEBERHASILAN PENGUSAHA BISNIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN.pdf [thumbnail of KEBERHASILAN PENGUSAHA BISNIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
KEBERHASILAN PENGUSAHA BISNIS KOMPUTER DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keberhasilan pengusaha
bisnis komputer di Kota Manna, subjek dalam penelitian ini sebanyak tiga
orang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data
menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik
analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik
trianggulasi. Hasil penelittian menunjukan bahwa pertama, adanya wujud
keberhasilan yang diperoleh selama menjalankan usaha bisnis komputer
berupa aset seperti ruko, mobil dan motor serta memperoleh popularitas
serta manfaat membangun system perekonomian di sekitarnya. Kedua,
perolehan pendidikan keterampilan berwirausaha komputer di dapatkan
pemilik secara otodidak dengan cara belajar dari pengalaman, aktif bertanya
dan memperhatikan serta rajin membaca buku maupun mencari info dari
sosmed. Ketiga, upaya pengembangan yang dilakukan yaitu dengan
meningkatkan kinerja pegawai, menjalin kerjasama dan komunikasi yang
baik dengan reseller maupun pelanggan secara umum dan melakukan
promosi. Keempat, kendala yang dihadapi seperti pelanggan yang tidak
tepat waktu dalam membayar hutang dan kurang profesionalnya karyawan
dalam menghadapi berbagai macam sifat pelanggan. Kelima, solusi yang
dilakukan untuk menghadapi masalah yang ada yaitu dengan cara belajar
dari pengalaman, lebih selestif dalam mempercayai pelanggan, dan tidak
hentinya untuk belajar lebih baik dari sebelumnya.
Kata Kunci : Keberhasilan, Pengusaha, Bisnis, Komputer, Pendapatan
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Non-formal Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 07:31 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 07:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14785 |