PELAKSANAAN PROGRAM KESETARAAN PAKET B OLEH PKBM ILMU BUNDA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK BENTIRING (STUDI KASUS LPKA KELAS II KOTA BENGKULU)

Marvani, Yulisa Fitri and Agus, Zainal R (2020) PELAKSANAAN PROGRAM KESETARAAN PAKET B OLEH PKBM ILMU BUNDA DI LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK BENTIRING (STUDI KASUS LPKA KELAS II KOTA BENGKULU). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of REVISII 1-5 & Lampiran.pdf] Text
REVISII 1-5 & Lampiran.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program
kesetaraan paket B oleh PKBM Ilmu Buda di Lembaga Pembinaan
Khusus Anak. Sedangkan secaara khususnya ialah mendeskripsikan
tujuan pembelajaran dalam program Paket B, mendeskripsikan materi/
bahan ajar dalam program Paket B , mendeskripsikan Metode apa yang
digunakan dalam program Paket B, mendeskripsikan media
pembelajaran yang digunakan dalam program Paket B, mendeskripsikan
evaluasi pembelajaran yang digunakan dalam program Paket B.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan dat yang bersifat
deskriptif. Analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan tiga
cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi pengambilan
keputusan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) berdasarkan
temuan penelitian dilapangan dan teori yang ada peneliti mengambil
kesimpulan bahwa tujuan pembelajaran dalam program Paket B di
LPKA kelas II Bentiring Kota Bengkulu peserta didik mendapatkan
Ilmu pengetahuan keterampilan dengan sarana dan prasarana yang
mendukung dan memadai, peserta didik yang sudah mengikuti proses
pembelajaran juga bisa mendapatkan Ijazah salah satu dokumen untuk
melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. (2) berdasarkan temuan
penelitian dilapangan dan teori yang ada, peneliti menyimpulkan bahwa
materi/ bahan ajar dalam program Paket B menggunakan buku cetak dan
modul yang disusun langsung oleh kemendikbud dengan kurikulum 13.
Bahan ajar yang digunakan oleh tutor dalam menyampaikan materi
pembelajaran kepada peserta itu berbeda dengan penyampaian materi
kepada anak yang diluar LPKA. (3) berdasarkan temuan peneliti
dilapangan dan teori yang ada, peneliti dapat menyimpulkan bahwa
Metode apa yang digunakan dalam program Paket B menggunakan
Merode tanya jawab, ceramah, tatap muka tutorial dan mandiri. (4)
berdasarkan temuan penelitian dilapangan dan teori yang ada, peneliti
menyimpulkan media pembelajaran yang digunakan dalam program
Paket B menggunakan media pembelajaran papan tulis , dan media buku
cetak, modul. (5) berdasarkan temuan penelitian dilapangan dan teori
yang ada, peneliti menyimpulkan evaluasi pembelajaran yang digunakan
dalam program Paket B melaksanakan evaluasi pembelajaran
menggunakan tes tertulis, seperti ulngan harian, ualangan akhir
semseter.
Kata Kunci :Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Kesetaraan, Paket B.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 25 Aug 2023 07:31
Last Modified: 25 Aug 2023 07:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/14786

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200