ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU

Putra, Sobhita Dwi and Effie, Efrida Muchlis (2020) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL URAIAN PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI SOBHITA DWI PUTRA PDF.pdf] Text
SKRIPSI SOBHITA DWI PUTRA PDF.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematika siswa dalam
menyelesaikan soal uraian pada pokok bahasan bangun datar segiempat di kelas VIII SMP Negeri 2
Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek
dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VIII G SMP Negeri 2 Kota Bengkulu 2018/2019.
Instrumen penelitian ini yaitu lembar tes siswa dan teknik pengumpulan data dengan wawancara.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa tingkat kemampuan berpikir kritis matematika siswa
kelas VIII G SMP Negeri 2 Kota Bengkulu dalam penyelesaian soal dan wawancara materi bangun
datar pada pokok bahasan segiempat adalah (1) Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagian siswa
berada pada tingkat Elementary Clarification (Memberikan Penjelasan Sederhana). Hal ini terlihat dari
data yang menunjukan bahwa 30% siswa pada soal nomor 1 dan 2, 20% siswa pada soal nomor 3 serta
40% siswa pada soal nomor 4 sudah menguasai sebagian dari indikator kemampuan berpikir kritis
pada tingkat ini seperti menuliskan data yang diketahui dan ditanyakan oleh soal, membandingkan data
yang diketahui serta melengkapi gambar dengan ukuran yang diketahui. (2) Berdasarkan penelitian
diperoleh bahwa mayoritas siswa berada pada tingkat Inferenced (menyimpulkan). Hal ini terlihat dari
data yang menunjukan bahwa 60% siswa pada soal nomor 1 dan 3, 50% siswa pada soal nomor 2, dan
40% siswa pada soal nomor 4 sudah mampu menyelesaikan soal. (3) Hasil penelitian menunjukan
bahwa beberapa siswa berada pada tingkat Advanced Clarification (memberikan penjelasan lebih
lanjut). Hal ini terlihat dari 10% siswa pada soal nomor 1 dan 20% siswa pada soal nomor 2, 3 dan 4
sudah menguasai mampu menyelesaikan soal yang telah dimodifikasi dan mampu menyelesaikkan
soal menggunakan lebih dari satu cara penyelesaian soal.
Kata Kunci : Analisis, Deskriptif, dan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 29 Aug 2023 08:25
Last Modified: 29 Aug 2023 08:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15001

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200