Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Program Paket C (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Songgo Langit )

Lekat, Lekat and Rufran, Zulkarnain (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Online Pada Program Paket C (Studi Kasus di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Songgo Langit ). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI.pdf] Text
SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendiskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran
Online Pada Program Paket C. Penelitian ini termasuk penelitian Kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini terdiri dari empat orang yaitu Ketua Lembaga,
Kepala Sekolah, Tutor, dan Warga Belajar. Data dalam penelitian ini
dikumpulkan melalui Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data
yang di peroleh dianalisis melalui empat tahap yaitu, reduksi data, penyajian
data, verifikasi dan pengambilan keputusan. Untuk memperoleh validitas hasil
penelitian, peneliti menggunakan teknik; Triangulasi Sumber, Triangulasi
teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama,
Pelaksanaan program pembelajaran online paket C di PKBM Songgo Langit
dilakukan guna untuk membantu proses pembelajaran karena waktu
pembelajaranya fleksibel. Kedua, Bahan ajar yang digunakan dalam proses
pembelajaran online contohnya bahan ajar cetak (Buku,Modul) dan juga
menggunakan bahan ajar non cetak seperti bahan ajar audiovisual dan bahan
ajar berbasis web. Ketiga, Metode yang digunakan dalam proses pelaksanaan
pembelajaran online seperti metode pembelajaran klasikal dan tutorial.
Keempat, Media yang digunakan dalam pembelajaran online ini berupa media
pembelajaran visual dan audiovisual. Kelima, Evaluasi hasil pembelajaran
dalam pembelajaran online dilakukan guna untuk menilai hasil belajar online
dan keaktifan warga belajar dalam proses pembelajaran online. Keenam,
Bentuk layanan model pembelajaran online berupa aplikasi perangkat lunak
yaitu aplikasi Modlle, Aplikasi modlle ini memiliki kelebihan berupa efiseansi
waktu dan proses pembelajaran tidak menonton. Ketujuh, Penggunaan model
pembelajaran online ini digunakan agar dapat membantu tutor dan menjadi
acuan pembelajaran. Kedelapan, Teknis penerapan model pembelajaran online
berupa diskusi tutor dan warga belajar diskusi dilakukan didalam aplikasi
pembelaaran Modlle. Kesembilan, Hasil belajar sesudan dan sebelum
menggunakan pembelajaran online prestasi warga belajar mengalami kenaikan
sebelum melaksanakan pembelajaran online rata-rata 89,3 dan sesudah
melaksanakan pembelajaran online mengalami kenaikan dan nilai rata-ratanya
mencapai 98,3. Kesepuluh, Faktor penghambat dan pendukung pelaksanaan
pembelajaran online faktor penghambat eksternal yaitu jaringan dan faktor
pendukung eksternal fasilitas diaplikasi menawarkan banyak kemudahan
belajar.
Kata Kunci: Pelaksanaan, Pembelajaran Online, PKBM Songgo Langit

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Non-formal Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 04 Sep 2023 01:32
Last Modified: 04 Sep 2023 01:32
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15079

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200