Dayana, Resi and Endang, Widi Winarni (2020) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DIORAMA DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAB BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI RESI.pdf [thumbnail of SKRIPSI RESI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI RESI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran PjBL,
Diorama dalam pembelajaran IPA terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV
Sekolah Dasar. Metode yang digunakan ialah Quasy Experiment. Desain pada
penelitian ini yaitu The Matching Only Pretest-Posttes control Group Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Gugus X Kota Bengkulu.
Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas IV A SDN 58 Kota Bengkulu yang
berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV B SDN 38 Kota
Bengkulu yang berjumlah 21 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan
berupa tes pilihan ganda terdiri atas dimensi kemampuan berpikir lancar (fluency),
kemampuan berpikir luwes (flexibility), kemampuan berpikir orisinil (originality),
kemampuan berpikir menilai (evaluation) dan kemampuan berpikir merinci
(elaboration), yang diberikan melalui Pretest dan Posttest. Penelitian ini juga
menghasilkan proyek Diorama yang berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif
siswa. Teknik analisis data dalam penelitian adalah analisis kuantitaif dengan
menggunakan jenis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil
penelitian ini diketahui bahwa nilai uji-t menunjukkan sebesar 2,59 lebih besar
pada taraf signifikan 5% sebesar 1,68. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh model Project Based Learning (PjBL) Diorama dalam pembelajaran IPA
terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV sekolah dasar.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL), Diorama
Berpikir Kreatif.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:34 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:34 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15174 |