Putri, Agustina Haryani and Dian, Eka Chandra Wardhana and Supadi, Supadi (2020) CAMPUR KODE DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS RENDAH SEKOLAH DASAR NEGERI 74 REJANG LEBONG. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI AGUSTINA HARYANI PUTRI.pdf [thumbnail of SKRIPSI AGUSTINA HARYANI PUTRI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI AGUSTINA HARYANI PUTRI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bentuk campur kode, jenis 
campur kode, dan faktor penyebab terjadinya campur kode dalam kegiatan 
pembelajaran di kelas rendah Sekolah Dasar Negeri 74 Rejang Lebong. Penelitian 
ini dengan menggunakan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini 
adalah bahasa guru saat interaksi dengan peserta didik dalam pembelajara di kelas 
satu, dua, dan tiga Sekolah Dasar Negeri 74 Rejang Lebong. Data dalam penelitian 
ini berupa ujaran guru saat interaksi dengan peserta didik yang mengandung campur 
kode dalam pembelajaran di kelas satu, dua, dan tiga di Sekolah Dasar Negeri 74 
Rejang Lebong. Langkah pengumpulan data dalam penelitian ini dengan 
perekaman dan pewawancaraan. Langkah-langkah analisis data dalam penelitian 
ini (1) pentranskripsian data, (2) pengidentifikasian data, (3) pengklasifikasian data, 
(4) penginterpretasian data, (5) pengimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan 
bahwa bentuk campur kode kata meliputi bentuk kata verba, nomina, adjektiva, 
adverbia, pronomina, konjungsi, interogativa, demonstrativa, numeralia. Sementara 
itu, bentuk frasa verba, nomina, pronomina, adverbia, numeralia, interogativa, dan 
demonstrativa. Jenis-jenis campur kode dalam pembelajaran kelas rendah meliputi 
jenis campur kode ke dalam, dan campur kode ke luar, serta campur kode campuran. 
Peristiwa campur kode ke luar bersumber dari bahasa Indonesia yang disisipkan 
bahasa Inggris. Campur kode ke dalam bersumber dari bahasa daerah dan campur 
kode campuran bersumber dari bahasa daerah dan bahasa Inggris. Faktor penyebab 
terjadinya campur kode meliputi faktor fungsi dan tujuan, mitra bicara, pembicara 
dan pribadi pembicara. 
Kata Kunci: Campur Kode, Pembelajaran, Kelas Rendah.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 04 Sep 2023 08:44 | 
| Last Modified: | 04 Sep 2023 08:44 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15266 | 

