Puspita, Rini and Agus, joko purwadi and Rio, kurniawan (2020) PEMBELAJARAN DEBAT BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS X MIPA SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![RINI PUSPITA SKRIPSI.pdf [thumbnail of RINI PUSPITA SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RINI PUSPITA SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan 1) Perencanaan
pembelajaran debat Bahasa Indonesia pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2
Kota Bengkulu, dan 2) Pelaksanaan pembelajaran debat Bahasa Indonesia pada
siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Kualitatif yang dilakukan dengan metode deskriptif. Sumber data
dalam penelitian ini adalah salah satu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan
siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Teknik pengumpulan data
dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah
analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data/penyajian data,
dan verification/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pembelajaran debat bahasa Indonesia pada siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2
Kota Bengkulu dilihat dari perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru
sudah melengkapi format komponen-komponen perencanaan pembelajaran,
namun pada langkah-langkah pembelajaran guru belum mengarah dan kurang
sesuai dengan metode pembelajaran, tujuan pembelajaran dan indikator
pencapaian yang tercantum dalam RPP buatan guru. Dan pencapaian yang telah
didapatkan yaitu telah terlaksanakannya pembelajaran dengan langkah
pembelajaran yaitu: (1) kegiatan pendahuluan yang mencakup menyiapkan
peserta didik secara fisik dan psikis, mengondisikan kelas dengan peserta didik
memberi salam pada setiap pertemuan, serta guru memberi penjelasan konsep,
tujuan, metode, dan prosedur pembelajaran. (2) kegiatan inti pembelajaran yang
mencakup penjelasan materi dengan metode ceramah, pemberian tugas dengan
cara bervariasi baik secara individual maupun kelompok. (3) kegiatan penutup
yang meliputi refleksi/penarikan kesimpulan dan menutup pembelajaran pada
akhir pertemuan. Pada langkah–langkah pembelajaran ada beberapa kegiatan yang
tidak berjalan seperti pemberian apersepsi, pemberian motivasi, dan refleksi pada
akhir pembelajaran.
Kata kunci: Pembelajaran, Debat, Perencanaan, Pelaksanaan.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:32 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15337 |