RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP

Prafnesia, novia laudiyah and Irdam, Idrus and Dewi, Jumiarni (2020) RANCANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of CETAK SKRIPSI NOVIA LAUDIYAH FIX.pdf] Text
CETAK SKRIPSI NOVIA LAUDIYAH FIX.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang perangkat pembelajaran model
kooperatif Numbered Head Together pada materi sistem ekskresi manusia untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tahapan penelitian ini meliputi 1) Analisis
Kurikulum 2) Analisis Kompetensi Dasar 3) Telaah Materi Pelajaran 4)
Merumuskan Indikator dan Tujuan Pembelajaran 5) Menentukan Model dan
Metode Pembelajaran 6) Pemilihan Media Pembelajaran 7) Penyusunan Alat
Evaluasi Pembelajaran. Hasil penelitian berupa rancangan perangkat
pembelajaran meliputi silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP), Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD) dan tes evaluasi hasil belajar.
Silabus pembelajaran mencakup kompetensi inti, kompetensi dasar, materi
pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, alokasi waktu dan sumber
belajar.Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk materi sistem ekskresi
manusia dirancang untuk dua kali pertemuan dan mengacu pada sintaks model
pembelajaran kooperatif Numbered Head Together (NHT) yang terdiri dari empat
langkah yaitu: 1) penomoran, 2) pengajuan pertanyaan, 3) berpikir bersama, 4)
menjawab. Rancangan Lembar Diskusi Peserta Didik (LDPD) dibuat dengan
kerangka 1) Halaman judul LDPD, 2) Isi LDPD terdiri dari a) Tujuan
pembelajaran, b) Landasan teori, c) Soal diskusi. Tes evaluasi hasil belajar
dirancang dengan memperhatikan tingkatan pengetahuan pada kompetensi dasar
yaitu tingkatan C4 (menganalisis) dan dirancang sebanyak 10 soal tes pilihan
ganda.
Kata Kunci :Perangkat Pembelajaran, Model Kooperatif Numbered Head
Together, Sistem Ekskresi Manusia, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Biology Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 06 Sep 2023 07:37
Last Modified: 06 Sep 2023 07:37
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15398

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200