PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI BERBASIS MODEL MENTAL DAN BERPOLA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS

Wahyuni, Ratri and Nyoman, Rohadi and Iwan, Setiawan (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN USAHA DAN ENERGI BERBASIS MODEL MENTAL DAN BERPOLA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi.pdf] Text
Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik beserta kelayakan perangkat
pembelajaran berbasis model mental dan berpola model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada
materi usaha dan energi. Produk yang dihasilkan berupa perangkat pembelajaran yang dapat
digunakan oleh guru dan siswa. Metode Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D)
dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi 3D oleh Minggele. Tahapan pada model 3D yaitu
tahap define (pendefenisian), tahap design (perancangan), dan tahap develop (pengembangan).
Adapun karakteristik perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan adalah penggunaan model
mental sebagai strategi pembelejaran yang menjadi pembeda dengan penelitian terdahulu.
Kelayakan perangkat pembelajaran ditentukan dari hasil validasi pada tahap pengembangan. Hasil
validasi menunjukkan bahwa RPP dikategorikan sangat layak dengan perolehan persentase 90%,
materi ajar dikategorikan sangat layak dengan perolehan persentase 86%, LDS dikategorikan
sangat layak dengan perolehan persentase 83%, dan soal tes hasil belajar siswa dikategorikan
sangat layak dengan perolehan persentase 85%. Persentase tersebut diperoleh dari rata-rata
penilaian aspek konstruk, isi, dan bahasa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat
pembelajaran usaha dan energi berbasis model mental dan berpola model pembelajaran kooperatif
tipe STAD memenuhi kriteria sangat layak digunakan untuk diujicobakan sebagai salah satu
perangkat pembelajaran yang digunakan guru dan siswa SMA kelas X.
Kata Kunci:Perangkat Pembelajaran, Model Mental, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe
STAD,Usaha dan energ

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:06
Last Modified: 08 Sep 2023 01:06
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15468

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200