Ambarita, Elisabeth V.K and Agus, Susanta and Nur, Aliyyah Irsal (2020) ANALISIS BUKU TEKS MATEMATIKA SMP KELAS VII KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2016 PADA MATERI PERBANDINGAN BERDASARKAN KOMPONEN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016048_ELISABETH V K AMBARITA_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C016048_ELISABETH V K AMBARITA_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C016048_ELISABETH V K AMBARITA_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesesuaian buku teks
matematika kurikulum 2013 SMP kelas VII semester 2 edisi revisi 2016 pada
materi perbandingan ditinjau dari komponen komponen Contextual Teaching And
Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Deskriptif (Descriptive
Qualitative Research). Subjek dalam penelitian ini adalah buku Matematika
Kemendikbud Edisi Revisi 2016 ditinjau dari aspek materi. Penelitian ini
menunjukkan bahwa berdasarkan komponen kontruktivisme persentase
kesesuaian buku yaitu 100 % dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan
komponen penemuan persentase kesesuaian buku yaitu 36,66% dengan kategori
kurang sesuai sesuai. Berdasarkan komponen pemodelan persentase kesesuaian
buku yaitu 0 % dengan kategori kurang sesuai. Berdasarkan komponen bertanya
persentase kesesuaian buku yaitu 100 % dengan kategori sangat sesuai.
Berdasarkan komponen refleksi persentase kesesuaian buku yaitu 50 % dengan
kategori cukup sesuai. Berdasarkan komponen masyarakat belajar persentase
kesesuaian buku yaitu 100 % dengan kategori sangat sesuai. Berdasarkan
komponen penilaian yang sebenarnya persentase kesesuaian buku yaitu 75 %
dengan kategori sesuai. Dapat disimpulkan bahwa buku teks matematika kelas VII
pada bab perbandingan sesuai dengan 4 komponen CTL yaitu kontruktivisme,
bertanya, masyarakat belajar dan penilaian yang sebenarnya dan buku teks
matematika ini kurang sesuai dengan 3 komponen CTL yaitu pemodelan,
penemuan dan refleksi.
Kata kunci : Analisis, Buku Teks, Kesesuaian
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:08 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:08 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15552 |