Putri, Heni Dwi and Syafdi, Maizora and Nur, Aliyyah Irsal (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 17 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016050_HENI DWI PUTRI_SKRIPSI.pdf [thumbnail of A1C016050_HENI DWI PUTRI_SKRIPSI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
A1C016050_HENI DWI PUTRI_SKRIPSI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (12MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dan aktivitas 
peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered 
Head Together. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek 
penelitian yaitu siswa kelas VIII C SMP Negeri 17 Kota Bengkulu semester genap
tahun ajaran 2019/2020 berjumlah 29 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan
dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan 
bahwa penerapan tipe Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas 
belajar peserta didik dan hasil belajar peserta didik. Aktivitas belajar peserta didik 
ditingkatkan dengan cara: (1) Menggunakan alat peraga, (2) Melibatkan peserta 
didik untuk mengamati dan mengumpulkan data, (3) Memberikan soal sesuai 
kemampuan peserta didik, (4) Memberikan dan menanyakan kesulitan yang 
dihadapi peserta didik, (5) Mengacak soal dan memanggil peserta didik secara acak 
untuk presentasi di depan kelas. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik dapat 
dilihat dari skor rata-rata aktivitas peserta didik dari siklus I sampai siklus II,
yaitu: 24,87 (kriteria cukup aktif) dan 27,12 (kriteria cukup aktif). Hasil belajar
peserta didik dapat ditingkatkan dengan cara: (1) Menyampaikan tujuan 
pembelajaran, (2) Melibatkan peserta didik untuk menyimpulkan hasil 
pembelajaran, (3) Menggunakan alat peraga pada kegiatan berpikir bersama.
Peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I sampai siklus II, yaitu: 57,27 
meningkat menjadi 62,17 dengan persentase ketuntasan belajar klasikal dari siklus
I sampai siklus II, yaitu: 37,93% meningkat menjadi 64,28%.
Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar Peserta Didik, Model 
Pembelajaran Kooperatif, Numbered Head Together
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:09 | 
| Last Modified: | 08 Sep 2023 01:09 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15557 | 

