Heryanto, Heri and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2020) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL-SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016008_Heri Heryanto_Skripsi.pdf [thumbnail of A1C016008_Heri Heryanto_Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C016008_Heri Heryanto_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal latihan dan
persentase masing-masing tingkat kognitif soal latihan pada buku matematika
kurikulum 2013 edisi revisi 2017 berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penelitian
ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal latihan. Sumber data
dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yakni buku matematika
kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs kelas VII yang disusun oleh Abdur
Rahman Asy’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keenam kategori
tingkat kognitif pada soal latihan materi lingkaran yakni C1 (remember), C2
(understanding), C3 (applying), C4 (analyze), C5 (evaluate),dan C6 (create).
Persentase kategori tingkat kognitif pada soal latihan materi aritmatika sosial
yakni C1 (remember) 1,09%, C2 (understanding) 5,43%, C3 (applying) 76,10%,
C4 (analyze) 2,17%, C5 (evaluate) 9,78%, dan C6 (create) 5,43%. Hal ini
menunjukkan bahwa proporsi presentase tingkat kognitif soal pada pokok bahasan
Aritmatika Sosial belum rata terutama dalam soal latihan untuk mengukur
kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking) peserta didik.
Kata Kunci: Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:09 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15558 |