ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL-SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Heryanto, Heri and Agus, Susanta and Hanifah, Hanifah (2020) ANALISIS TINGKAT KOGNITIF SOAL-SOAL BUKU TEKS MATEMATIKA KELAS VII PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of A1C016008_Heri Heryanto_Skripsi.pdf] Text
A1C016008_Heri Heryanto_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kognitif soal latihan dan
persentase masing-masing tingkat kognitif soal latihan pada buku matematika
kurikulum 2013 edisi revisi 2017 berdasarkan Taksonomi Bloom. Jenis penelitian
ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam
penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat kognitif soal latihan. Sumber data
dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yakni buku matematika
kurikulum 2013 edisi revisi 2017 SMP/MTs kelas VII yang disusun oleh Abdur
Rahman Asy’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang,
Kemendikbud. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keenam kategori
tingkat kognitif pada soal latihan materi lingkaran yakni C1 (remember), C2
(understanding), C3 (applying), C4 (analyze), C5 (evaluate),dan C6 (create).
Persentase kategori tingkat kognitif pada soal latihan materi aritmatika sosial
yakni C1 (remember) 1,09%, C2 (understanding) 5,43%, C3 (applying) 76,10%,
C4 (analyze) 2,17%, C5 (evaluate) 9,78%, dan C6 (create) 5,43%. Hal ini
menunjukkan bahwa proporsi presentase tingkat kognitif soal pada pokok bahasan
Aritmatika Sosial belum rata terutama dalam soal latihan untuk mengukur
kemampuan berpikir tingkat tinggi (higher order thinking) peserta didik.
Kata Kunci: Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Kognitif

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:09
Last Modified: 08 Sep 2023 01:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15558

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200