Wulandari, Indah Putri and Agus, Susanta and Edi, Susanto (2020) ANALISIS SOAL UJI KOMPETENSI BUKU MATEMATIKA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI 2017 KELAS VII SMP MATERI SEGI EMPAT DAN SEGI TIGA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Indah Putri Wulandari_A1C013074_Skripsi.pdf [thumbnail of Indah Putri Wulandari_A1C013074_Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Indah Putri Wulandari_A1C013074_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal uji kompetensi pada
buku teks matematika SMP kelas VII kurikulum 2013 revisi 2017
yang ditinjau berdasarkan 6 tingkat kognitif taksonomi bloom revisi.
Tingkat kognitif taksonomi bloom revisi mencakup mengingat,
memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah jumlah seluruh soal
materi segiempat dan segitiga pada buku teks matematika SMP kelas
VII kurikulum 2013 revisi 2017, yang terdiri dari 20 soal pilihan ganda
dan 19 soal essay. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soal
pilihan ganda 0% C1 (mengingat), 5,12% C2 (memahami), 46,15% C3
(menerapkan), 0% C4 (menganalisis), 0% untuk C5(mengevaluasi) dan
C6 (mencipta). Dari 10 soal essay terdapat 2,56% C1 (mengingat),
7,69% C2 (memahami), 33,33% C3 (menerapkan), 2,56% C4
(menganalisis), 0% C5 (mengevaluasi) dan 2,56% untuk C6
(mencipta). Hal ini menunjukkan bahwa adanya ketidakseimbangan
perbandingan presentase tingkat kognitif soal pada soal materi
segiempat dan segitiga dalam mengukur kemampuan berpikir tingkat
tinggi (higher order thinking).
Kata Kunci : Analisis soal uji kompetensi, Buku Matematika, Taksonomi Bloom.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:09 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 01:09 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15561 |