PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMPN 2 KOTA BENGKULU

Girsang, Melan Kristina and Teddy, Teddy and Alfra, Siagian (2020) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMPN 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI MELAN KRISTINA GIRSANG.pdf] Text
SKRIPSI MELAN KRISTINA GIRSANG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
matematika peserta didik dengan menerapkan pendekatan Saintifik berbantuan
alat peraga di kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah
Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi
aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ialah
seluruh peserta didik di kelas VIII G SMPN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran
2019/2020 yang berjumlah 35 orang. Peningkatan aktivitas belajar dilakukan
dengan cara: membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sesuai dengan
langkah-langkah pendekatan Saintifik dan materi yang diakjarkan, menggunakan
alat peraga dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik lebih tertarik dalam
melakukan investigasi kelompok, peserta didik dibentuk dalam kelompok belajar
yang heterogen sesuai dengan nilai tes dan pengamatan guru, peserta didik
dilibatkan secara aktif dari awal hingga akhir dalam kegiatan pembelajaran
melalui pendekatan Saintifik dengan bantuan alat peraga. Peningkatan tersebut
dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas peserta didik
siklus I dan siklus II secara berturut-turut ialah 22.25 (kriteria cukup) dan 25.5
(kriteria aktif). Peningkatan hasil belajar dilakukan dengan cara: memberikan
masalah pada LKPD yang harus diselesaikan oleh peserta didik, meminta peserta
didik bertanya jika mengalami kesulitan saat proses pembelajaran berlangsung
dan memberikan perhatian khusus. Peningkatan hasil belajar dilihat dari rata-rata
tes hasil belajar peserta didik saat sebelum dan sesudah diberikan tindakan secara
berturut-turut yaitu 63.71 dan 73.2857. Presentase ketuntasan klasikalnya yaitu
42,85 % dan 68.57143 %.
Kata kunci : Aktivitas Belajar; Hasil Belajar: Pendekatan Saintifik

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Mathematics Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 08 Sep 2023 01:09
Last Modified: 08 Sep 2023 01:09
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15567

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200