Girsang, Melan Kristina and Teddy, Teddy and Alfra, Siagian (2020) PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN BANTUAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK DI KELAS VIII SMPN 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI MELAN KRISTINA GIRSANG.pdf [thumbnail of SKRIPSI MELAN KRISTINA GIRSANG.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI MELAN KRISTINA GIRSANG.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar 
matematika peserta didik dengan menerapkan pendekatan Saintifik berbantuan 
alat peraga di kelas VIII SMPN 2 Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah 
Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi 
aktivitas peserta didik dan tes hasil belajar peserta didik. Subjek penelitian ialah 
seluruh peserta didik di kelas VIII G SMPN 2 Kota Bengkulu tahun ajaran 
2019/2020 yang berjumlah 35 orang. Peningkatan aktivitas belajar dilakukan 
dengan cara: membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sesuai dengan 
langkah-langkah pendekatan Saintifik dan materi yang diakjarkan, menggunakan 
alat peraga dalam proses pembelajaran sehingga peserta didik lebih tertarik dalam 
melakukan investigasi kelompok, peserta didik dibentuk dalam kelompok belajar 
yang heterogen sesuai dengan nilai tes dan pengamatan guru, peserta didik 
dilibatkan secara aktif dari awal hingga akhir dalam kegiatan pembelajaran 
melalui pendekatan Saintifik dengan bantuan alat peraga. Peningkatan tersebut 
dapat dilihat dari rata-rata skor pada lembar observasi aktivitas peserta didik 
siklus I dan siklus II secara berturut-turut ialah 22.25 (kriteria cukup) dan 25.5 
(kriteria aktif). Peningkatan hasil belajar dilakukan dengan cara: memberikan 
masalah pada LKPD yang harus diselesaikan oleh peserta didik, meminta peserta 
didik bertanya jika mengalami kesulitan saat proses pembelajaran berlangsung 
dan memberikan perhatian khusus. Peningkatan hasil belajar dilihat dari rata-rata 
tes hasil belajar peserta didik saat sebelum dan sesudah diberikan tindakan secara 
berturut-turut yaitu 63.71 dan 73.2857. Presentase ketuntasan klasikalnya yaitu 
42,85 % dan 68.57143 %.
Kata kunci : Aktivitas Belajar; Hasil Belajar: Pendekatan Saintifik
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 08 Sep 2023 01:09 | 
| Last Modified: | 08 Sep 2023 01:09 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15567 | 

