Parwadi, Parwadi and Agus, Susanta and Effie, Efrida Muchlis (2020) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS VII SMP NEGERI 16 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi_Parwadi_A1C014035.pdf [thumbnail of Skripsi_Parwadi_A1C014035.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Skripsi_Parwadi_A1C014035.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kesalahan-kesalahan yang
dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi pecahan subbab
operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan di Kelas VII SMP Negeri 16 Kota
Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Data dalam
penelitian ini adalah semua jawaban siswa pada soal operasi hitung penjumlahan
dan pengurangan pecahan kelas VII F, SMP Negeri 16 Kota Bengkulu. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik tes. Berdasarkan hasil
pembahasan terhadap analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan pecahan,
terdapat kesalahan menyelesaikan soal tentang menyederhanakan bentuk pecahan
sebanyak 12,12%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menentukan pecahan
senilai yaitu sebanyak 30,3%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang
menjumlahkan pecahan berpenyebut sama yaitu sebanyak 0%. Kesalahan
menyelesaikan soal tentang mengurangi pecahan berpenyebut sama yaitu
sebanyak 6%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menjumlahkan pecahan
berpenyebut faktor dari penyebut yang lain yaitu sebanyak 24,24%. Kesalahan
menyelesaikan soal tentang mengurangkan pecahan berpenyebut faktor dari
penyebut yang lain yaitu sebanyak 33,33%. Kesalahan menyelesaikan soal
tentang menjumlahkan pecahan berpenyebut beda yaitu sebanyak 18,18%.
Kesalahan menyelesaikan soal tentang mengurangkan pecahan berpenyebut beda
yaitu sebanyak 24,24%. Kesalahan menyelesaikan soal tentang menjumlahkan
pecahan dalam bentuk cerita yaitu sebanyak 27,27%. Kesalahan menyelesaikan
soal tentang mengurangkan pecahan dalam bentuk cerita yaitu sebanyak 27,27%. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Operasi Penjumlahan dan Pengurangan
Pecahan, SMP.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:32 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 02:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15571 |