Sartika, Putri Dewi and Teddy, Alfra Siagian and Edi, Susanto (2020) ANALISIS SOAL MATERI STATISTIKA PADA BUKU MATEMATIKA SMP KELAS VIII KURIKULUM 2013 BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![A1C016079_Putri Dewi Sartika_Skripsi.pdf [thumbnail of A1C016079_Putri Dewi Sartika_Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
A1C016079_Putri Dewi Sartika_Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif pada
materi statistika dan persentase masing-masing tingkat kognitif soal pada buku
matematika SMP kelas VIII kurikulum 2013 edisi revisi 2017 berdasarkan
Taksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar klasifikasi tingkat
kognitif soal. Sumber data dalam penelitian ini adalah buku teks matematika yaitu
buku matematika SMP/MTs kelas VIII kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang
disusun oleh Abdur Rahman Asy’ari, dkk. Penerbit Pusat Kurikulum dan
Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. Pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
terdapat enam kategori tingkat kognitif pada soal materi statistika yaitu C1-
Mengingat sebesar 0% (0 butir soal), C2-Memahami sebesar 11,36% (10 butir
soal), C3-Mengaplikasikan 82,96% (73 butir soal), C4-Menganalisis 4,54% (4
butir soal), C5-Mengevaluasi 0% (0 butir soal), dan C6-Mencipta 1,14% (1 butir
soal).
Kata Kunci: Analisis Soal, Taksonomi Bloom, Tingkat Proses Kognitif
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Mathematics Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 08 Sep 2023 02:32 |
Last Modified: | 08 Sep 2023 02:32 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15573 |