Sari, Anisa Purnama and Dalifa, Dalifa and Feri, Noperman (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA MATERI ENERGI ALTERNATIF DI KELAS IV SD N SEBAGAI BENTUK PERSIAPAN PEMBELAJARAN VIRTUAL. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI ANISA PURNAMA SARI.pdf [thumbnail of SKRIPSI ANISA PURNAMA SARI.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI ANISA PURNAMA SARI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran IPA berbasis
multimedia interaktif pada materi energi alternatif di kelas IV SD sebagai bentuk
persiapan pembelajaran virtual. Penelitian ini merupakan penelitian Research and
Development (R&D) dengan memodifikasi model Waterfall. Namun pada
penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap keempat, yaitu Testing
(Pengujian). Proses testing dilaksanakan dengan melakukan validasi ahli dan uji
kelompok kecil (tanggapan guru dan siswa). Media ini divalidasi oleh ahli
kurikulum yang kemudian direvisi dan selanjutnya ditanggapi oleh 6 responden
guru dan 6 responden siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik
deskriptif terhadap hasil validasi ahli dan uji kelompok kecil (tanggapan guru dan
siswa) serta analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dari validasi ahli dan
uji kelompok kecil (tanggapan guru dan siswa). Penelitian ini menghasilkan
media pembelajaran berbasis multimedia interaktif pada materi energi alternatif
sebagai bentuk persiapan pembelajaran virtual, dengan persentase hasil validasi
dari ahli kurikulum sebesar 94,5% dalam kategori sangat valid, persentase hasil
tanggapan guru sebesar 97% dalam kategori sangat baik, dan hasil tanggapan
siswa sebesar 96,6% dalam kategori sangat baik. Jadi, dari penelitian yang telah
dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran IPA berbasis
multimedia interaktif pada materi energi alternatif di kelas IV SD dapat
dikategorikan sebagai media pembelajaran yang sangat baik dan dapat digunakan
pada pembelajaran virtual.
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif,
Pembelajaran Virtual
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:51 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 08:51 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15664 |