Darianti, Eka and Herman, Lusa and Dwi, Anggraini (2020) Lukman. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI EKA DARIANTI BR. GINTING.pdf [thumbnail of SKRIPSI EKA DARIANTI BR. GINTING.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
SKRIPSI EKA DARIANTI BR. GINTING.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Permasalahan yang terjadi selama ini guru belum pernah mengukur proporsi soal 
dalam kompetensi dasar pada per jenjang mata pelajaran Pendidikan Pancasila 
dan Kewarganegaraan. Sehingga belum diketahui sebaran soal yang ada dalam 
ujian sekolah mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Selain 
itu kenyataan yang terjadi dilapangan adalah soal-soal yang dibuat guru dalam 
ujian sebgaian besar hanya terfokus pada soal ranah kognitf saja padahal untuk 
mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan harus 
mempertimbakan ranah afektif juga yang terimplisit dalam Permendikbud No. 37 
tahun 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proporsi soal dalam 
kompetensi dasar per jenjang kelas, jenjang kognitif, jenjang afektif soal ujian 
sekolah mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan siswa SD/MI 
Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian 
deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah Kelas VI SD/MI Kota Bengkulu. 
Obyek dalam penelitian ini adalah kesesuaian kompetensi dasar kelas IV, V, dan 
VI dengan soal ujian sekolah, soal ujian sekolah, proporsi jenjang kognitif, 
proporsi jenjang afektif pada soal ujian sekolah. Instrumen penelitian digunakan 
adalah dokumentasi berupa soal ujian sekolah mata pelajaran Pendidikan 
Pancasila dan Kewarganegaraan siswa SD/MI Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 
2019/2020. Data penelitian dianalisis menggunakan proporsi jenjang kognitif 
jenjang afektif pada butir soal dianalisis kemudian dihitung persentasenya. Hasil 
penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proporsi soal dalam kompetensi dasar per 
jenjang kelas, meliputi pada kompetensi dasar kelas VI sebanyak 4 butir soal 
persentase sebesar 10%, kelas V sebanyak 9 butir soal persentase sebesar 22,5% 
dan kelas VI sebanyak 27 butir soal persentase sebesar 67,5%; 2) Proporsi jenjang 
kognitif, meliputi jenjang memahami (C2) sebanyak 11 butir soal sebesar 27,5%, 
menerapkan (C3) sebanyak 8 butir soal sebesar 20%, menganalisis (C4) ) 
sebanyak 15 butir soal sebesar 37,50%, dan mengevaluasi (C5) ) sebanyak 6 butir 
soal sebesar 15%. Berdasarkan analisis, jenjang mengingat (C1) dan jenjang 
mencipta (C6) belum ada dalam butir soal ujian sekolah; 3) Proporsi jenjang afektif, 
meliputi jenjang merespon (A2) sebanyak 5 butir soal persentase sebesar 12,5%, jenjang 
menghargai (A3) sebanyak 15 butir soal persentase sebesar 37,5%, jenjang 
mengorganisasikan (A4) sebanyak 8 butir soal persentase sebesar 20%, dan jenjang 
karakterisasi menurut nilai (A5) sebanyak 5 butir soal persentase sebesar 12,5%. Dengan 
demikian dapat disimpulkan bahwa butir soal ujian sekolah mata pelajaran PPKn 
tahun pelajaran 2019/2020 telah diketahui proporsi jumlah soal dalam kompetensi 
dasar per jenjang kelas, proporsi jenjang kognitif dan jenjang afektif..
Kata kunci: kesesuaian kompetensi dasar, jenjang kognitif, jenjang afektif.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:52 | 
| Last Modified: | 11 Sep 2023 08:52 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15676 | 

