pratama, Okasoni and Herman, Lusa and Lukman, Lukman (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU KELAS 4 SD NEGERI 75 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![skripsi oka.pdf [thumbnail of skripsi oka.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text
            
              
Text
skripsi oka.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (9MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan karena perangkat pembelajaran guru masih kurang 
memenuhi standar seperti urutan komponen penyusun RPP kurang sesuai, tujuan 
pembelajaran yang tidak menggunakan unsur ABCD, indikator yang tidak 
menggunakan level kognitif, sintaks yang seadanya, tidak menggunakan LKPD, 
dan bahan ajar yang kurang sehingga memungkinkan siswa pasif dalam belajar. 
Jadi dengan adanya masalah diatas peneliti bertujuan untuk mengghasilkan 
perangkat pembelajaran menggunakan model Teams Games Tournament pada 
kelas IV Sekolah Dasar (SD) yang dapat digunakan sebagai acuan guru dalam 
melaksanakan pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian 
Research and Development (R&D) dengan memodifikasi model 4-D. Namun 
pada penelitian ini hanya dilaksanakan hingga tahap ketiga, yaitu Develop 
(Pengembangan). Validasi dilakukan oleh ahli kurikulum. Perangkat 
pembelajaran yang dikembangkan diberi nilai dan diuji kepraktisannya oleh dua 
(2) orang guru SD Negeri 75 di Kota Bengkulu. Teknik analisis data 
menggunakan analisis statistik deskriptif terhadap hasil penilaian validasi ahli dan 
kepraktisan serta analisis deskriptif kualitatif terhadap komentar dari validasi ahli 
dan angket kepraktisan. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran 
Tematik menggunakan model TGT dengan penilaian dari ahli kurikulum sebesar
83.07 untuk silabus dan 87.5 untuk RPP dengan kategori sangat valid dan angket 
kepraktisan sebesar 94,63 dengan kategori sangat praktis. Dengan demikian dapat 
disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran 
TGT, kategori sangat baik sebagai produk pengembangan. 
Kata Kunci : Perangkat pembelajaran, Pengembangan, Teams Games 
Tournament, tematik.
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) | 
| Divisions: | Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education | 
| Depositing User: | 034 Septi Septi | 
| Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:54 | 
| Last Modified: | 11 Sep 2023 08:54 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15720 | 

