STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU

Arlinka, Rara Mirita and Sri, Ken Kustianti and Wurjinem, Wurjinem (2020) STUDI DESKRIPTIF IMPLEMENTASI GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) SD NEGERI 02 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of SKRIPSI RARA MIRITA ARLINKA A1G016113 PGSD.pdf] Text
SKRIPSI RARA MIRITA ARLINKA A1G016113 PGSD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Gerakan Literasi
Sekolah (GLS) SD Negeri 02 Kota Bengkulu melalui ruang lingkup lingkungan
fisik GLS. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subyek
penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru kelas (kelas rendah dan kelas tinggi)
SDN 02 Kota Bengkulu. Instrumen penelitian dengan menggunakan pedoman
observasi, pedoman wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data
berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data gerakan literasi
sekolah (GLS) dilakukan dengan menelaah data kemudian direduksi, display, dan
penarikan kesimpulan. Analisis data menunjukkan bahwa pelaksanaan
implementasi gerakan literasi sekolah (GLS) dibahas dengan melihat 6 komponen
ruang lingkup lingkungan fisik gerakan literasi sekolah (GLS) yang ada di SD
Negeri 02 Kota Bengkulu. Hasil penelitian yaitu telah tersedianya fasilitas dari
sarana dan prasarana dalam komponen GLS (1) Literasi dini dengan adanya
koleksi gambar pajangan dan tingkatan buku siswa, (2) Literasi dasar dengan
adanya area baca dan membuat pojok baca, (3) Literasi perpustakaan dengan
penyediaan sarana perpustakaan dan memiliki variasi buku, (4) Literasi media
tersediannya media pembelajaran, adanya bahan bacaan teks dan sekolah
memajang hasil karya siswa, (5) Literasi teknologi dengan penggunaan sarana
komputer, dan (6) Literasi visual adanya sarana pendukung pembelajaran.
Kata kunci : Gerakan Literasi Sekolah

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Elementary School Teacher Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:54
Last Modified: 11 Sep 2023 08:54
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15721

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200