Purnamasari, Reka and Agus, Trianto and Rio, Kurniawan (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS BERBASIS PEMBELAJARAN BAURAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI REKA PURNAMASARI (A1A017060).pdf [thumbnail of SKRIPSI REKA PURNAMASARI (A1A017060).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI REKA PURNAMASARI (A1A017060).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran menulis
surat dinas berbasis pembelajaran bauran pada siswa kelas VII SMP Negeri 1
Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa kelas VII yang sedang
melaksanakan pembelajaran menulis surat dinas. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, dokumen, dan wawancara. Teknik analisis data yang
digunakan terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan
pembelajaran menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kota
Bengkulu dilaksanakan melalui daring (online) dan luring/tatap muka (offline)
atau bauran. Pelaksanaan pembelajaran daring menggunakan aplikasi Whatsapp
sebagai media informasi dan komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran
seperti membagikan materi dan mempelajari materi secara mandiri. Materi yang
dibagikan dalam media daring yaitu menyunting surat pribadi dan surat dinas,
perbedaan surat pribadi dan surat dinas, struktur dan kaidah kebahasaan surat
pribadi dan surat dinas, serta membuat surat pribadi dan surat dinas. Materi yang
sudah dibagikan melalui media Whatsapp dipelajari mandiri oleh siswa dan
dibahas serta didiskusikan di pertemuan tatap muka. Pertemuan tatap muka guru
melatih siswa untuk menulis surat dinas berdasarkan metode yang sudah
diterapkan. Materi yang dibahas dan dijelaskan terdiri atas mengidentifikasi
informasi surat pribadi dan surat dinas, menyimpulkan isi surat dinas dan surat
pribadi, menelaah unsur-unsur dan kebahasaan dari surat pribadi dan surat dinas
serta menulis surat dinas untuk kepentingan resmi dengan memperhatikan struktur
teks, kebahasaan, dan isi. Tahap pelaksamaam pembelaajran pada pembelajaran
luring/tatap muka dilaksanakan semua tahap yaitu dari kegiatan pendahuluan, inti,
dan penutup. Pada pertemuan tatap muka guru dan siswa terlihat ada interaksi.
Bisa dilihat bahwa siswa aktif dan guru berusaha melatih siswa untuk bisa
menulis surat dinas.
Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Menulis Surat Dinas, Pembelajaran
bauran
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 07:48 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 07:48 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15753 |