PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN TEKS HIKAYAT SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU

Dea, Destarina and M Arifin, M Arifin and Noermanzah, Noermanzah (2022) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN TEKS HIKAYAT SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of DEA DESTARINA SKRIPSI  FILE BAKAR CD.pdf] Text
DEA DESTARINA SKRIPSI FILE BAKAR CD.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pelaksanaan evaluasi pembelajaran teks hikayat pada masa pandemi Covid-19
berbeda dengan yang selama ini dilakukan oleh guru bahasa Indonesia. Untuk itu
tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan evaluasi
pembelajaran teks hikayat yang dilaksanakan oleh guru bahasa Indonesia selama
pandemi covid-19 pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Metode
penelitian yang digunakan yakni metode deskriptif. Sesuai dengan tujuan dari
penelitian ini, penulis ingin melihat bagaimana pelaksanaan evaluasi pada
pembelajaran teks hikayat yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia yang
mengajar di kelas X selama masa pandemi Covid-19. Subjek pada penelitian ini
adalah ibu Eka Darlina, M.Pd sebagai guru bahasa Indonesia yang melaksanakan
evaluasi pembelajaran teks hikayat pada siswa kelas X. Metode pengumpulan data
yaitu dengan wawancara, dokumentasi. Langkah-langkah analisis data yaitu 1)
pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran teks
hikayat selama pandemi covid-19 guru memanfaatkan media online yaitu aplikasi
Google Form dan Google Classroom sebagai media pelaksanaan evaluasi
pembelajaran khususnya pada teks hikayat. Prosedur penilaian yang disusun oleh
guru dengan menyiapkan RPP dan LKPD, menentukan tujuan penilaian,
menyusun kisi-kisi, menyiapkan instrumen penilaian, penyampaian hasil
penilaian, dan manfaat penilaian yang dilaksanakan pada evaluasi pembelajaran
teks hikayat. Jenis evaluasi pembelajaran yang digunakan guru adalah jenis
evaluasi formatif dan alat evaluasi yang digunakan dalam evaluasi pembelajaran
dalam bentuk subjektif atau soal-soal dalam bentuk essay.
Kata kunci: Pelaksanaan evaluasi pembelajaran teks hikayat, Pandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education
Depositing User: 034 Septi Septi
Date Deposited: 12 Sep 2023 07:49
Last Modified: 12 Sep 2023 07:49
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15757

Actions (login required)

View Item
View Item