Afriyani, Monica and Agus, Trianto and Arifin, Arifin (2022) HUBUNGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMAN 01 BENGKULU TENGAH. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Metta Arifica-A1A17040-Skripsi.pdf [thumbnail of Metta Arifica-A1A17040-Skripsi.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Metta Arifica-A1A17040-Skripsi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (19MB)
![Monica Afriyani (A1A017016) PDF new.pdf [thumbnail of Monica Afriyani (A1A017016) PDF new.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Monica Afriyani (A1A017016) PDF new.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (28MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis siswa
dengan kemampuan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 01 Bengkulu Tengah. Metode
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.
Sampel penelitian berjumlah 33 siswa dari jumlah populasi. Teknik sampling yang diterapkan
adalah sample random sampling. Pengumpulan data yang digunakan adalah skor kemampuan
berpikir kritis yang dijaring melalui instrument tes objektif dalam bentuk pilihan ganda dan esai.
Sedangkan skor kemampuan menulis teks eksposisi dijaring melalui instrument dalam bentuk tes
penugasan. Data dianalisis dengan langkah-langkah pertama peneliti memeriksa hasil tes
berpikir kritis dan memberikan skor berdasarkan format penilaian, kedua peneliti memeriksa
hasil tes menulis eksposisi siswa dan memberikan skor berdasarkan format penilaian, ketiga
peneliti menghitung rata-rata pada masing-masing tes, keempat peneliti mengklasifikasikan nilai
skor tersebut berdasarkan kategori nilai, kelima mengorelasikan data variabel penelitian, keenam
peneliti menyimpulkan hasil analisis dan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan
kemampuan berpikir kritis siswa tergolong rendah dengan perolehan nilai rata-rata sebesar
48,16. Pada kemampuan menulis teks eksposisi siswa tergolong cukup dengan perolehan nilai
rata-rata sebesar 69,1. Pada hubungan berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks eksposisi
siswa tidak terdapat hubungan antara berpikir kritis dengan kemampuan menulis teks eksposisi.
Berdasarkan hasil perhitungan rumus kolerasi product moment diperoleh nilai r= 0,00051785 dan
rtabel= 0,3440. Jika dibandingkan dengan rtabel= 0,3440 dan rhitung lebih kecil dengan jumlah nilai =
0,00051785 maka h0 diterima yang artinya tidak terdapat hubungan antara berpikir kritis dengan
kemampuan menulis teks eksposisi.
Kata Kunci: Hubungan, Berpikir Kritis, Menulis, Teks Eksposisi.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 02:54 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 02:54 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15763 |