Jumarta, Rofi and Agus, Trianto and Wisman, Wisman (2022) PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK PERANCAH MAJAS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI Rofi Jumarta A1A017104.pdf [thumbnail of SKRIPSI Rofi Jumarta A1A017104.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI Rofi Jumarta A1A017104.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran
keterampilan menulis puisi dengan teknik perancah majas pada siswa kelas VIII
SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan adalah metode diskriptif
kualitatif. Sumber data pada penelitian ini guru dan siswa dengan jumlah populasi
siswa yaitu sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
observasi, dokumen, dan wawancara. Data pada penelitian ini berupa ucapan dan
perbuatan guru dan siswa pada pembelajaran keterampilan menulis puisi dengan
teknik perancah majas bahasa pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota
Bengkulu. Hasil Penelitian menunjukan bahwa, teknik perancah majas yang
diterapkan pada pembelajaran keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A
terlihat para peserta didik timbul rasa motivasi belajar dan menyelesaikan tugas
secara mandiri. Namun, penerapan teknik perancah majas yang dilakukan oleh
guru pada peserta didik belum sesuai dengan prosedur pembelajaran perancah
sebagai mana mestinya.
Kata Kunci: Pembelajaran Keterampilan Menulis Puisi, Teknik Perancah Majas
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 08:07 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 08:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/15864 |