Muhammad, Aldi and Slamet, Widodo and Ganefi, Ganefi (2020) PELAKSANAAN PEMBAYARAN SANTUNAN TERHADAP KORBAN KECELAKAAN LALU LINTAS OLEH PT. JASA RAHARJA (PERSERO) CABANG KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![tesis [thumbnail of tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png) Text (tesis)
            
              
Text (tesis)
Skripsi Muhammad Aldi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Indonesia mengalami perkembangan dibidang asuransi terutama dalam bidang 
transportasi. Aktifitas transportasi yang ada diseluruh Indonesia relatif padat, khususnya 
di Kota Bengkulu. kecelakaan lalu lintas kerap terjadi di sudut-sudut jalanan, mulai dari 
luka ringan, luka berat, dan meninggal dunia. Korban kecelakaan lalu lintas maupun ahli 
waris yang ditinggalkan memerlukan biaya untuk pengobatan maupun pemakaman. Hal 
seperti inilah yang sangat tidak diharapkan oleh setiap orang, peristiwa kecelakaan lalu 
lintas di jalan raya dapat terjadi kapan saja dan dimana saja, sehingga menimbulkan rasa 
tidak aman bagi pengendara. Adapun permasalahan dalam penelitian ini yaitu : 
bagaimana proses pembayaran santunan bagi korban kecelakaan lalu lintas oleh PT. Jasa 
Raharja (Persero) Kota Bengkulu, apa permasalahan dalam proses pengajuan santunan 
bagi korban kecelakaan lalu lintas Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan 
adalah pendekatan penelitian hukum empiris. Prosedur pengumpulan data yang akan 
digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara langsung untuk 
mendapatkan keterangan-keterangan lisan melalui tanya jawab antara peneliti dengan 
orang yang diteliti. Hasil penelitian : PT. Jasa Raharja (Persero) Kota Bengkulu telah 
memenuhi standar dalam memberikan santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas. 
Dimana ketika korban mengalami kecelakaan, korban kecelakaan/ahli warisnya 
mendatangi PT. Jasa Raharja (Persero) harus memenuhi persyaratan yang sudah 
ditetapkan oleh perusahaan. Permasalahan yang terjadi dalam pemberian santunan yaitu 
kurangnya sosialisasi serta informasi untuk masyarakat mengenai kewajiban dan hak 
serta fungsi PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Kota Bengkulu, dan juga kurang 
lengkapnya berkas persyaratan pengajuan klaim.
Kata Kunci : Asuransi Kecelakaan Santunan
| Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) | 
|---|---|
| Subjects: | K Law > K Law (General) | 
| Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science | 
| Depositing User: | irma rohayu | 
| Date Deposited: | 21 Sep 2023 02:34 | 
| Last Modified: | 21 Sep 2023 02:34 | 
| URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16134 | 

