FATURRAHMAN, FATURRAHMAN and Hadiwinarto, Hadiwinarto and Sri, Saparahayuningsih (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK PLAY THERAPY UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PROSOSIAL SISWA KELAS X MIPA 2 SMA NEGERI 4 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![Faturrahman BK FKIP UNIB.pdf [thumbnail of Faturrahman BK FKIP UNIB.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Faturrahman BK FKIP UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok
dengan teknik play therapy untuk meningkatkan sikap prososial siswa kelas X
MIPA 2 SMA Negeri 4 Kota Bengkulu. Peneliti menggunakan penelitian
kuantitatif jenis eksperimen sikap prososial siswa. Subjek penelitian ini berjumlah
8 orang siswa. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan
angket sikap prososial. Hasil penelitian menunjukan bahwa sikap prososial siswa
meningkat setelah diberikan layanan konseling kelompok. Hal ini ditunjukan
dengan rata-rata sikap prososial siswa sebelum diberikan treatment kategori
rendah dan setelah diberikan treatment nilai rata-rata menjadi kategori tinggi. Dari
hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan konseling kelompok dengan
teknik play therapy efektif untuk meningkatkan sikap prososial siswa kelas X
MIPA 2 di SMAN 4 Kota Bengkulu. Berdasarkan hasil penelitian tersebut
disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk dapat menggunakan
layanan konseling kelompok dengan teknik play therapy untuk meningkatkan
sikap prososial siswa
Kata kunci : prososial, konseling kelompok, teknik play therapy
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:39 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:39 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16171 |