AFIONITA, RARA and Wasidi, Wasidi and Arsyadani, Mishbahuddin (2022) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI TEKNIK INSTRUKSI DIRI DALAM MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS XI TATA BUSANA 1 DI SMK NEGERI 3 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![RARA AFIONITA (A1L018060) BK (KASET).pdf [thumbnail of RARA AFIONITA (A1L018060) BK (KASET).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
RARA AFIONITA (A1L018060) BK (KASET).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa yang memiliki prokrastinasi akademik
yang tinggi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh layanan
informasi dengan teknik instruksi diri dalam menurunkan prokrastinasi akademik
siswa kelas XI Tata Busana 1 di SMK Negeri 3 Kota Bengkulu. Metode penelitian
ini menggunakan metode eksperimen two group pretest-posttest design dengan
populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Tata Busana 1, Tata Busana 2, Tata
Busana 3 yang berjumlah 96 orang siswa. Sampel penelitian ini diambil
menggunakan teknik Random Sampling sehingga diperoleh siswa kelas XI Tata
Busana 1, yang kemudian dibagi dalam 2 kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol yang dimana untuk kelas eksprimen yaitu kelas XI tata busana 1 dan untuk
kelas XI tata busana 3 dijadikan kelas kontrol.Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah kuesioner skala Likert. Data hasil analisis menggunakan uji
teknik analisis data penelitian menggunakan Uji (paired sample t-test). Hasil yang
diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan prokrastinasi
akademik siswa setelah diberikannya layanan informasi dengan teknik instruksi
diri. Hal ini ditunjukkan dengan nilai t = 13,629 untuk kelas eksperimen dan nilai
t = 7,607 untuk kelas kontrol, sehingga ada perbedaan antara kelas eksperiment dan
kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka pelaksanaan layanan
informasi teknik instruksi diri terbukti efektif untuk menurunkan prokrastinasi
akademik siswa kelas X1 Tata Busana 1 di Smk Negeri 3 Kota Bengkulu.
Kata kunci : prokrastinasi akademik siswa, layanan informasi, teknik instruksi diri
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 08:46 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 08:46 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16193 |