ASMIARTI, KIKI and Yessy, Elita and Anni, Suprapti (2022) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK REFRAMING UNTUK MEREDUKSI LEARNED HELPLESSNESS PADA SISWA KELAS X MIPA A SMA NEGERI 2 KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![SKRIPSI KIKI ASMIARTI (2).pdf [thumbnail of SKRIPSI KIKI ASMIARTI (2).pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI KIKI ASMIARTI (2).pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh layanan konseling
kelompok dengan teknik reframing untuk mereduksi learned helplessness pada
siswa SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Penelitian ini eksperimen pretest dan
posttest one group design. Subjek dalam penelitian ini berjumlah enam orang
siswa dari kelas X MIPA A SMA Negeri 2 Kota Bengkulu yang memiliki tingkat
learned helplessness tinggi. Pengambilan sampel yang digunakan adalah
purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan
angket dengan skala Likert. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji
(paired sample t-test). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan
adanya penurunan learned helplessness pada siswa setelah diberikan layanan
konseling kelompok dengan teknik reframing. Hal ini dapat terlihat dari hasil
pengujian hipotesis dengan hasil uji t 6,377. Artinya bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan terhadap learned helplessness siswa sebelum dan sesudah
diberikannya layanan konseling kelompok dengan teknik reframing siswa kelas X
MIPA A SMA Negeri 2 Kota Bengkulu.
Kata Kunci: learned helplessness, layanan konseling kelompok, reframin
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Indonesian Language and Literature Education |
Depositing User: | 034 Septi Septi |
Date Deposited: | 22 Sep 2023 08:07 |
Last Modified: | 22 Sep 2023 08:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16233 |