PERAN LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) DALAM MEMENUHI HAK ANAK DIDIK DI LAPAS KLAS II BENGKULU

MERIYANI, MERIYANI and Antory, Royan and Lidia, Br. Karo (2020) PERAN LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) DALAM MEMENUHI HAK ANAK DIDIK DI LAPAS KLAS II BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of TESIS] Text (TESIS)
TESIS HASIL MERIYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (647kB)

Abstract

Anak merupakan potensi nasib manusia hari mendatang, dialah yang ikut
berperan menentukan sejarah bangsa sekaligus cermin sikap hidup bangsa pada
masa mendatang. Pada dekade terakhir ini, banyak kasus kriminalitas seperti
perampokan, pembegalan, pemerkosaan, hingga pembunuhan yang terjadi di
Indonesia pelakunya justru berusia dibawah 18 tahun atau tergolong anak. Tindak
kriminalitas yang melibatkan anak-anak tiap tahun mengalami peningkatan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran LPKA dalam memenuhi hak
anak didik, apa saja kendala serta upaya dalam memenuhi hak anak didik
pemasyarakatan di LPKA Klas II Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian hukum empiris/nondoktrinal. Dilihat dari sudut sifatnya maka
penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian, Peran
Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II Bengkulu dalam memenuhi hak anak
didik belum berjalan dengan maksimal, terutama dalam hal penyelenggaraan
pembinaan anak didik pemasyarakatan (andikpas). Pembinaan Anak terdiri dari
Pembinaan Kepribadian, Pembinaan Keterampilan dan Pendidikan. Adapun kendala
yang dihadapi oleh Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Bengkulu dalam
memenuhi hak anak didik yaitu, dari sisi sumber daya manusia yaitu terkait
kuantitas dan kualitas petugas LPKA tersebut, dimana dibutuhkan SDM terampil
yang sesuai tugas dan fungsi masing-masing berdasarkan bidang keilmuannya,
saranan dan prasarana berupa bangunan gedung serta alat perlengkapan lainnya,
anggaran berupa dana dalam menunjang pelaksanaan program-program
pembinaan. Upaya yang dilakukan Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II
Bengkulu dalam memenuhi hak anak didik pemasyarakatan adalah meningkatkan
kualitas petugas LPKA dengan cara mengikut sertakan petugas dalam pelatihan- pelatihan yang berguna untuk menambah pengetahuan petugas, meningkatkan
disiplin petugas LPKA agar dalam penyelenggaraan tugasnya harus selalu
berpegang pada prinsip perlindungan anak, melaksanakan pembinaan terhadap
anak didik pemasyarakatan dengan cara peningkatan program-program pembinaan
serta pendidikan lainnya, menjalin kerjasama sebanyak mungkin dengan mitra
kerja, agar hak anak didik pemasyarakatan dapat terpenuhi semaksimal mungkin.
Kata Kunci: Peran, Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA), Hak Anak.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 27 Sep 2023 04:18
Last Modified: 27 Sep 2023 04:18
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16436

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200