WELLY, DHIAN PRAMANA and Candra, Irawan and Ganefi, Ganefi (2020) PERLINDUNGAN HAK-HAK KONSUMEN DALAM PELAYANAN AIR BERSIH PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA RATU SAMBAN KOTA ARGA MAKMUR DITINJAU DARI UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.
![tesis [thumbnail of tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Pelaksanaan perlindungan hak-hak konsumen dalam pelayanan air bersih
Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban Kota Arga Makmur belum sesuai
dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen
dikarenakan masih banyak pihak konsumen yang belum merasa puas atas pelayanan dan
kinerja pihak PDAM. Adapun tujuan penelitian ini untuk meganalisis mengenai
pelaksanaan perlindungan hak-hak konsumen PDAM apakah sudah sesuai dengan
Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan untuk
menganalisis upaya penyelesaian masalah yang terjadi antara pihak konsumen dan
PDAM. Metode penelitian hukum yang digunakan yaitu metode pendekatan yuridis
sosiologis maka Penelitian ini menggunakan pendekatan kasus-kasus pengaduan dari
konsumen terhadap kinerja PDAM. Bahwa dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan
hak-hak konsumen Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban Kota Argamakmur
pelaksannaannya tidak sesuai dengan apa yang tertuang dalam Undang-Undang
Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.
Selanjutnya Pihak Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban harus lebih jeli lagi
dalam melihat mengenai masalah perlindungan konsumen yaitu terkait tentang
keseimbangan antara hak dan kewajiban konsumen dan pelaku usaha. Hanya saja ada
beberapa hal yang timbul dalam hak dan kewajiban konsumen yang belum terpenuhi atau
belum baik sehingga perlunya perbaikan dalam pelayanan dari pihak Perusahaan Daerah
Air Minum Tirta Ratu Samban Kota Argamakmur agar hak-hak para konsumennya
terpenuhi dengan baik, serta pihak Perusahaan Daerah Air Minum juga harus
meningkatkan kualitas SDM dan melakukan evaluasi terhadap pegawainya serta
kelambatan tindakan dalam penanganan secara langsung oleh pihak Perusahaan Daerah
Air Minum terkait laporan pengaduan para konsumen yang masuk, karena masih banyak
laporan dan pengaduan konsumen yang masuk akan tetapi pihak Perusahaan Daerah Air
Minum masih lambat dalam hal penanganannya, yang akhirnya memberi kesan ketidak
puasan para konsumen terhadap pelayanan yang diberikan oleh pihak Perusahaan Daerah
Air Minum Tirta Ratu Samban Kota Argamakmur. Penyelesaian masalah antara pihak
konsumen dengan pihak Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban Kota
Argamakmur terkait laporan pengaduan tentang pelayanan air bersih dapat terselesaikan
dengan cara penyelesaian melalui upaya negosiasi kekeluargaan antara kedua belah
pihak, yaitu antara pelaku usaha Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Ratu Samban Kota
Argamakmur dengan pihak konsumen/pelanggannya tanpa ada upaya penyelesaian
masalah melalui jalur hukum.
Kata Kunci : Perlindungan, Konsumen, Air Bersih.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law > Department of Law Science |
Depositing User: | irma rohayu |
Date Deposited: | 29 Sep 2023 02:03 |
Last Modified: | 29 Sep 2023 02:03 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16473 |