TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA (J&T EXPRESS) TERHADAP KERUSAKAN, KETERLAMBATAN DAN HILANGNYA BARANG KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN JASA PENGIRIMAN LOGISTIK DI KOTA BENGKULU

VITA, SEPTIRIANI and Slamet, Muljono and Rahma, Fitri (2022) TANGGUNG JAWAB PELAKU USAHA (J&T EXPRESS) TERHADAP KERUSAKAN, KETERLAMBATAN DAN HILANGNYA BARANG KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN JASA PENGIRIMAN LOGISTIK DI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
SKRIPSI_VITA SEPTIRIANI_B1A017086.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

J&T Express merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa pengiriman
barang di Kota Bengkulu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan
menganalisis tanggung jawab pelaku usaha (J&T Express) terhadap kerusakan,
keterlambatan dan hilangnya barang konsumen dalam penggunaan jasa
pengiriman di Kota Bengkulu. Dan untuk mengetahui dan menganalisis
pelaksanaan ganti rugi yang dilakukan oleh pelaku usaha (J&T Express) di Kota
Bengkulu terhadap kerusakan, keterlambatan dan hilangnya barang konsumen.
Metode penelitian yaitu penelitian hukum empiris. Pendekatan penelitian yaitu
pendekatan kualitatif. Data dan sumber data yaitu data primer dan sekunder.
Metode pengumpulan data yaitu wawancara. Hasil penelititan (1) terdapat bentuk
tanggung jawab dari J&T Express yaitu untuk kerusakan dan kehilangan
pemberian ganti ruginya jika konsumen telah mengasuransikan maka akan diganti
sesuai dengan nominal barang yang dikirimkan, maksimal Rp. 20.000.000,- (Dua
Puluh Juta Rupiah). Tetapi jika konsumen tidak menggunakan asuransi, maka
akan dibayarkan 10 kali dari biaya pengiriman paket, maksimal Rp. 1.000.000,-
(Satu Juta Rupiah). Sedangkan untuk keterlambatan diberikan pemberian ganti
rugi sebesar Rp. 50.000 (Lima Puluh Ribu Rupiah). (2) Dalam pelaksanaan ganti
rugi J&T Express memiliki beberapa prosedur untuk pengajuan klaim dengan
melengkapi formulir klaim barang yang telah diasuransi atau tidak diasuransi,
kartu identitas pengirim, resi nomor pengiriman, foto barang, dan surat keterangan
kehilangan barang.
Kata kunci : Tanggung Jawab - Pelaku Usaha - Jasa Pengiriman

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law Science
Depositing User: irma rohayu
Date Deposited: 03 Oct 2023 03:57
Last Modified: 03 Oct 2023 03:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item
View Item